oleh

GEMPABUMI TEKTONIK M3,1 DIRASAKAN DI KOTA TASIKMALAYA DAN SEKITARNYA

INDEKS.CO.ID | JAKARTA —- Kejadian dan Parameter Gempabumi: Hari Jumat, 16 Februari 2024 pukul 18:51:58 WIB, wilayah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,1. Episenter terletak pada koordinat 7.38 LS dan 108.24 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 km Tenggara Kota Tasikmalaya, Jawa Barat pada kedalaman 6 km.

*Jenis dan Mekanisme Gempabumi:*
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat.

*Dampak Gempabumi:*
Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Tasikmalaya dengan Skala Intensitas III MMI *(Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)*, di Pangandaran dan Ciamis dengan Skala Intensitas II – III MMI *(Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang – Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)*. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

*Gempabumi Susulan:*
Hingga pukul 19:18 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.***Daryono BMKG

Redaksi/Publizher ; Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.
BACA JUGA  Arabi Resmi Dilaporkan di Polres Luwu, Terkait Kasus Dugaan Tindak Pidana Penggelapan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *