oleh

GEMPABUMI TEKTONIK M3,1 DIRASAKAN DI KOTA TASIKMALAYA DAN SEKITARNYA

INDEKS.CO.ID | JAKARTA —- Kejadian dan Parameter Gempabumi: Hari Jumat, 16 Februari 2024 pukul 18:51:58 WIB, wilayah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,1. Episenter terletak pada koordinat 7.38 LS dan 108.24 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 km Tenggara Kota Tasikmalaya, Jawa Barat pada kedalaman 6 km.

*Jenis dan Mekanisme Gempabumi:*
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat.

*Dampak Gempabumi:*
Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Tasikmalaya dengan Skala Intensitas III MMI *(Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)*, di Pangandaran dan Ciamis dengan Skala Intensitas II – III MMI *(Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang – Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)*. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

*Gempabumi Susulan:*
Hingga pukul 19:18 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.***Daryono BMKG

Redaksi/Publizher ; Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.
BACA JUGA  Jaksa Agung ST Burhanuddin: "Kami Membutuhkan Putra-Putri Terbaik Bangsa untuk Menjadi Bagian dari Korps Adhyaksa"

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *