DAERAHKonawe SelatanPROV.SULAWESI TENGGARA

Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Pesisir Melalui Budidaya Udang Vaname

122
×

Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Pesisir Melalui Budidaya Udang Vaname

Sebarkan artikel ini
Listen to this article

INDEKS.CO.ID, KONSEL — Dalam rangka pembinaan ekonomi masyarakat pesisir, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Kendari, Kolonel Laut (P) I Gede Dharma Yoga, memimpin kegiatan penebaran benih udang (benur) Vaname di Desa Ranooha Raya, Kabupaten Selatan pada Rabu, 10 Juli 2024. Sebanyak 250.000 ekor benur ditebar, yang diproyeksikan untuk mengisi lahan tambak milik masyarakat binaan Lanal Kendari.

Penebaran benur ini merupakan bagian dari program kerja sama TNI AL dengan Kementerian Pertanian, yang bertujuan membangun ketahanan pangan dan membina ekonomi lokal. Budidaya udang Vaname terpilih untuk dilaksanakan karena memiliki pangsa pasar yang potensial dan mudah dibudidayakan.

Sebelumnya, Lanal Kendari telah melakukan ujicoba penebaran benur sebanyak 10 ribu ekor di Desa Lalowaru, Kabupaten Konawe Selatan. Selain budidaya udang, mereka juga telah melakukan panen sayur kangkung dan ketimun.

Diharapkan, kegiatan penebaran benur ini dapat memicu masyarakat untuk meningkatkan usaha budidaya mereka secara intensif dan produktif. Dalam upaya mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah pusat, Lanal Kendari mengajak masyarakat untuk terus berkolaborasi dan bertumbuh bersama.

Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari berbagai pihak, antara lain Perwira Penghubung Konsel Letkol Inf. Hilman, Staf Ahi Bupati Konsel Bidang Sosial Ekonomi Irwan Silondae, Anggota DPRD Konsel Butomo Lubis, dan Perwakilan Dinas Pertanian dan Kepolisian setempat.

Dampak dari kegiatan penebaran benur ini diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat setempat dan menunjang program nasional dalam membangun ketahanan pangan yang sehat dan berkelanjutan di masa depan.(NN/IE)

Redaksi/Publizher ; Andi Jumawi

BACA JUGA  Jum'at Curhat; Mendengarkan Curhatan Masyarakat Terkait Peredaran Narkoba di Polda Sultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DILARANG MENCOPY/PLAGIAT DAPAT DI PIDANA