DAERAHDesaKonawe SelatanPROV.SULAWESI TENGGARA

Dana Desa Asembu Mulya Prioritaskan Bangun Jalan Pertanian

124
×

Dana Desa Asembu Mulya Prioritaskan Bangun Jalan Pertanian

Sebarkan artikel ini
Listen to this article

INDEKS.CO.ID, KONSEL — Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu fokus utama pemerintah desa Asembu Mulya, Kecamatan Buke, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara pada tahun anggaran 2024.

Penggunaan anggaran dana desa atau DD diarahkan pada pembangunan jalan usaha tani sepanjang 2850 meter, serta sarana penanggulangan banjir dan genangan air hujan berupa dua unit deker plat. Diharapkan bahwa pembangunan jalan ini akan mendorong pengembangan sektor pertanian desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani.

Selain pembangunan jalan, anggaran DD juga telah dialokasikan untuk pembangunan 90 unit lampu jalan. Hal ini bertujuan untuk memberikan penerangan di malam hari dan membantu masyarakat dalam beraktifitas di luar ruangan pada waktu malam. Selain itu, pemerintah desa juga mengalokasikan anggaran untuk berbagai kegiatan lain, seperti bantuan langsung tunai (BLT) DD, pembayaran honor para kader posyandu dan guru taman kanak-kanak, pemberian bibit jagung pada 10 hektar lahan pertanian masyarakat, operasional kades untuk penanggulangan bagi masyarakat yang terdampak penyakit kronis, dan pemberangkatan kaji banding keluar daerah serta operasional TPK.

Yhudi, Haji, Iswono, S.Sos selaku Kades Asembu Mulya berharap bahwa penggunaan anggaran DD dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat desa. Walaupun alokasi anggaran DD pada tahun 2024 mencapai angka Rp 900 juta, ia berharap bahwa program pemerintah pusat dapat terus ditingkatkan baik dari sisi anggaran, pembinaan, pengawasan, dan kontrol agar berdampak positif bagi pelaksanaan pengelolaan anggaran dana desa secara efisien dan efektif.

Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu upaya nyata pemerintah desa Asembu Mulya dalam mendukung pengembangan sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Diharapkan bahwa program DD ini tidak hanya memberikan manfaat pada saat ini, tetapi juga pada masa depan dalam meraih visi misi desa maju Konawe Selatan yang hebat. Terimakasih pada pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten Konawe Selatan atas dukungan serta perhatian seriusnya dalam mengucurkan program dana desa DD, tanpa itu semua kita tidak bisa berbuat banyak dalam mensukseskan pembangunan dan mensejahterakan masyarakat desa secara merata.(Adriana)

BACA JUGA  Kapolsek Duampanua Bersama Muspika Monitoring Pilkades Serentak

Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DILARANG MENCOPY/PLAGIAT DAPAT DI PIDANA