oleh

Kunjungan Pangdam XVIII Kasuari di Wilayah Kerja Satuan Kodam Wilayah Kota Sorong

SORONG, PAPUA BARAT, INDEKS, Dalam rangka menuju Penerapan Tatanan Normal Baru atau New Normal,maka Pangdam XVIII/Kasuari,Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra bersama Ibu Retno Sulasweni Ali Hamdan Bogra dan rombongan dari kodam XVIII/kasuari melaksanakan kunjungan kerja di Makorem 181/PVT,Polresta kota sorong,kodim 1802 serta yonif 762 Raider khusus,Kamis 4 Juni 2020.

Dalam kunjungannya panglima kodam XVIII/Kasuari(Pangdam),langsung memberikan paparan kepada anggota di jajaran korem 181PVT.Pertemuan sekaligus sebagai ajang untuk silaturahmi sebagai pangdam yang baru di jajaran kodam XVIII kasuari papua barat.Setelah melaksanakan paparan bersama jajaran korem 181/PVT,kemudian di lanjutkan dengan simulasi dalam menhadapi New Normal.

Menurut Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra yang di temui awak media menjelaskan bahwa kunjungan kerjanya tersebut merupakan kunjungan perdana sejak di lantik sebagai panglima kodam XVIII/Kasuari Mengantikan Mayjen TNI Joppie Onesimus Wayangkau.
Lanjut pangdam XVIII kasuari,dengan di laksanakannya simulasi New Normal dalam rangka mendukung pelaksanaan penegakan disiplin protokol kesehatan yang akan dilaksanakan oleh TNI-Polri bersama komponen masyarakat lainnya.

“Jadi untuk kegiatan tersebut nantinya TNI-Polri bersama pemerintah daerah akan melibatkan dinas dinas terkait seperti BPBD,dinas sosial serta satgas covid dan masyarakat untuk mari kita sama – sama menjaga protokol kesehatan yang sudah di himbauw oleh pemerintah agar kita dapat memutuskan mata rantai dari covid 19 ini,khususnya di tempat – tempat keramaian seperti di pasar dan Mool” jelas pangdam”.
Lanjutnya menjelaskan,bahwa TNI – Polri bersama komponen yang dilibatkan dalam Satgas pendisiplinan masyarakat dan nantinya akan mengatur keluar masuknya masyarakat di tempat – tempat keramaian tersebut Sehingga nanti pada saat bertugas mereka tidak ada kendala, sehingga satu irama bersama TNI-Polri, karena TNI selalu mendorong dan membantu pihak polri sebagai bidang keamanan dan membantu pemerintah daerah dalam kerja sama untuk memutuskan mata rantai covid 19 ini.
“Simulasi tersebut memberikan pengertian serta pemahaman tentang apa aja yang harus dilakukan selama bertugas,” jelasnya.
Menurut Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra mengatakan,juga mengatakan bahwa apa yang sudah di buat danrem 181/PVT ini dalam simulasi tersebut saya akan memberikan apresiasi dalam penerapan new normal karena itu adalah keputusan pemerintah.”Kita tunggu saja keputusannya kapan.
Lanjutnya mengatakan, dalam rangka menunjang new normal serta dalam rangka menekan laju dari Covid-19 yang ada di Kota sorong,maka TNI-Polri akan melakukan pendisiplinan masyarakat di pasar dan Mool, Agar supaya masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang akan diterapkan.
Mendisiplinkan masyarakat menurutnya merupakan tantangan. Untuk merubah kebiasaan pengunjung dipasar, tempat-tempat umum dan tempat publik ini perlu diberikan edukasi terus menerus, karena memang itu bagian dari kultur masyarakat.
Sehingga saat sekarang ini TNI – Polri sedang melaksanakan penyiapan-penyiapan menghadapi new normal. Semuanya akan diatur untuk bagaimana selalu jaga jarak,cuci tangan, cek suhu tubuh dan penggunaan masker itu akan dilakukan di semua tempat. Termasuk juga pembatasan ruangan apabila disitu merupakan tempat pertemuan publik.
Menurutnya, new normal ini bukan berarti kita sudah merdeka atau sudah bebas dari Covid-19 tetap New normal itu sebagaimana kita tetap siap, siaga dan waspada terhadap Covid-19. Kita bekerja seperti biasa namun di sebelah kita ini ada Covid-19 makanya diatur, ada perubahan perilaku hidup kenormalan baru. Seperti membiasakan etika menggunakan masker, membawa hand sanitizer atau sabun dan selalu jaga jarak. Jadi semuanya itu akan diatur oleh pemerintah.
“Kita tunggu saja karena nanti hasil dari keputusan akan disosialisasikan kepada seluruh masyarakat. Yang jelas sekarang ini yang penting adalah masyarakat secara kesadaran memiliki peran serta yang tinggi berdisiplin agar nanti pada saat diberlakukan new normal kita sudah siap,”tuturnya”.
Laporan : Timo/Leo
Redaksi : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.
BACA JUGA  ASMANA.S.IP DESA LAHIMBUA KONUT SERAHKAN SEJUMLAH BANTUAN CEGAH COVID 19

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *