DAERAHKonawe SelatanSulawesi Tenggara

Tangani Covid-19, Bupati Konsel Kembali Salurkan Sembako dan BST di 6 Kecamatan

777
×

Tangani Covid-19, Bupati Konsel Kembali Salurkan Sembako dan BST di 6 Kecamatan

Sebarkan artikel ini
Listen to this article

INDEKS, KONSEL, Total 20 Kecamatan dan 37 Ribu KK Telah Menerima Bantuan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang di serahkan langsung oleh Bupati H.Surunuddin Dangga.

Seperti halnya yang telah dilakukan di beberapa Kecamatan pada kesempatan sebelumnya, yakni, membantu meringankan beban hidup dengan memenuhi kebutuhan pangan bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19 diwilayah otoritanya.
Kali ini Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, ST.,MM kembali menyerahkan bantuan sosial di 6 (enam) Kecamatan yang berbeda.

Bantuan berupa Paket Sembako dan Bantuan Sosial Tunai (BST) senilai Rp 600 ribu per Kepala Keluarga (KK) yang diberikan ke warga enam Kecamatan yang di maksud, diantaranya, sebanyak 1.949 KK warga Kecamatan Landono, 1.330 KK di Kecamatan Sabulakoa, dan Kecamatan Angata dengan jumlah penerima paling besar sejauh ini yakni 4808 KK.

Penyerahan di tiga Kecamatan tersebut dilakukan secara simbolik oleh Bupati pada Sabtu, 9 Mei 2020.

Adapun di tiga Kecamatan (Moramo, Moramo Utara dan Laonti) penyalurannya dilaksanakan pada hari ini (Selasa, 12 Mei 2020), yang sekaligus melaunching program BST dari Kementerian Sosial RI di masing-masing Kecamatan tersebut.

Dari data yang diperoleh dari pihak Dinas Sosial Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel terkait total BST dan paket sembako yang disalurkan Bupati hari ini, rinciannya, 1.178 KK warga Kecamatan Moramo Utara, 2.677 KK warga Moramo dan 2.479 KK bagi masyarakat Laonti.

Untuk Program BST sendiri, Total ada 17.219 KK yang disetujui Kemensos, yang telah dan nantinya akan diserahkan ke warga tidak mampu, yang tersebar di 25 Kecamatan se-Kabupaten Konsel. Dan sudah 20 Kecamatan dengan jumlah 37 Ribu KK yang sudah merasakan manfaat Program tersebut termasuk program bantuan sembako. Secara keseluruhan ditargerkan kelar sebelum lebaran tahun 2020 ini.

BACA JUGA  Dihadapan Komisi I DPRD SBB Pemerintah Desa Buano Utara Dan Saniri Tolak Pemekaran Desa Tean

Hal itu juga ditegaskan kembali Bupati Konsel, saat menyerahkan bansos di Kecamatan Moramo Utara, di dampingi Wakil Bupati, H. Arsalim Arifin dan unsur Forkopimda serta sejumlah pimpinan OPD.

“Alhamdulillah 17.219 KK yang kita usulkan dan telah disetujui Kemensos untuk dapatkan program BST, jika digabung dengan bantuan sembako, sudah 37 Ribu KK di 20 Kecamatan yang rasakan Bansos dampak Pandemi Covid-19, keseluruhan penyalurannya akan kita selesaikan sebelum lebaran,” ujar Surunuddin.

Dijelaskannya, dari 25 Kecamatan se-Konsel, sisa 5 Kecamatan lagi dalam minggu ini yang akan di berikan bantuan, diantaranya, Kecamatan Lainea, Andoolo, Palangga, Palangga Selatan, Mowila, dan Konda.

Agar tuntas sebelum akhir ramadhan, Bupati tak tinggal diam, namun gencar turun langsung ke lapangan, sekaligus juga memastikan bantuan tersebut tersalurkan dan tepat sasaran.

“Bantuan ini kita berikan sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab pemerintah terhadap warga yang terdampak wabah corona, untuk meringankan beban dengan memenuhi memenuhi kebutuhan pangan sambil menunggu BLT Desa yang akan turun setelah BST Mensos ini,” tandas Surunuddin dikesempatan itu.

Laporan : Sultan Bakri
Publizher/Redaksi : Andi Jumawi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DILARANG MENCOPY/PLAGIAT DAPAT DI PIDANA