oleh

Rapat Kerja Pemdes Lebo Jaya, Ini yang di Bahas bersama Mahasiswa UHO, Tripika

KONSEL, indeks.co.id —- Rapat Kerja Pemerintah Desa Lebo Jaya Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), bersama KKN MBKM Batch 01 Universitas Haluoleo (UHO) tahun 2024, Kamis 7 Maret 2024.

Dalam kegiatan ini, Danang Suto Wijoyo Selaku koordinator acara serta Maulana Ishak sebagai koordinator perlengkapan dan Cahya Aditya selaku koordinator desa kelompok Mahasiswa KKN Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Batch 01 UHO menyampaikan perkenalan diri dan penyampaian sejumlah kegiatan dan Program kerja mereka selama melaksanakan KKN di Desa Lebo Jaya. Terkait program kerja Mahasiswa KKN MBKM Batch 01 UHO ini diantaranya dalam hal membantu Pemdes dan masyarakat dalam hal penegakan hukum, pembangunan, Karang Taruna dan sejumlah kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Dalam sambutannya Kepala Desa Lebo Jaya, Syarifuddin, S.Sos.,M.Si terlebih dahulu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Camat Konda Harlin, S.Pd., M.Si, Kapolsek Konda Iptu Kartini dan Bhabinkamtibmas, Kapten Inf Herman Danramil Ranomeeto bersama Babinsa, serta semua Mahasiswa KKN MBKM Batch 01 UHO.

“Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas diberikannya kita kesehatan dan kesempatan kepada kita sekalian sehingga bisa hadir dalam acara ini untuk berkenalan dengan adik-adik KKN UHO, ” Ucapnya.

Sebagai Kepala Desa, saya sangat berharap kepada adik-adik Mahasiswa nantinya dalam hal pembuatan Peraturan Desa kiranya bisa membantu Pemerintah Desa dalam perencanaan pembuatan Perdes tersebut. Dimana dalam Perdes ini tentunya diharapkan bisa memberikan efek positif dalam penegakan hukum dan kemajuan Desa Lebo Jaya, ujarnya.

29 Juli 2022 Saya dilantik sebagai Kepala Desa Lebo Jaya, saya Alhamdulillah bekerja dengan baik dan tidak merugikan masyarakat sehingga saya mengajak kepada semua aparat Desa Lebo Jaya untuk senantiasa bekerja dan mengabdi kepada masyarakat Desa Lebo Jaya sesuai tugas dan fungsi kita masing-masing untuk memajukan Desa yang kita Cintai bersama.

BACA JUGA  Polres Bitung Ringkus Remaja Pencuri Handphone di Ranowulu

Dalam sambutan ini, Kepala Desa Lebo Jaya lebih menekankan terkait tugas dan fungsi aparat Desa terkhusus kedisiplinan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai aparat Desa agar jangan di abaikan karena itu adalah tugas dan tanggung jawabnya sebagai aparat desa, tutup Syarifuddin Kades Lebo Jaya.

Kapolsek Konda, Iptu Kartini Suryaningsih dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya dalam hal penegakan hukum selalu berpedoman pada Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Restorative Justice (RJ) adalah suatu pendekatan dalam sistem peradilan pidana yang berfokus pada pemulihan, rekonsiliasi, dan restorasi hubungan yang rusak akibat tindakan kriminal.

Dalam hal penegakan hukum terkait anak di bawa umur tentunya kami selalu berkoordinasi dengan semua pihak dimana kasus tersebut tentunya kami selalu mengedepankan restoratif justice serta dampak yang ditimbulkan terhadap korban dan pelaku yang dibawa umur, ucapnya.

Ia juga mengajak para Mahasiswa selama berada di Desa Lebo Jaya khususnya maupun diluar Desa Lebo Jaya, Konda pada umumnya untuk bekerjasama Kepolisian dalam hal melaporkan ketika mengetahui ada kejadian atau kasus yang terjadi di desa Lebo Jaya, ajaknya.

Kapolsek Konda juga mengungkapkan sejumlah kasus yang sering terjadi di wilayah hukum Konda dan upaya yang telah dilakukannya dalam penegakan hukum di wilayah tersebut diantaranya kasus pencurian, KDRT, Narkoba dan sejumlah kasus lain yang selama ini telah dilakukan upaya meminimalisir dan mencegah terjadinya tindak kejahatan tersebut.

Danramil Ranomeeto yang diwakili oleh Serka Usman Babinsa Desa Lebo Jaya dan Koordinator Babinsa Kecamatan Konda menyampaikan permohonan maaf mewakili Danramil Ranomeeto yang tak sempat hadir dalam kegiatan ini.

“Selaku Pembina Desa saya kembali mengingatkan kepada adik Mahasiswa untuk senantiasa berhati hati dalam hal berkendara karena rawannya kecelakaan lalu lintas, ” Ucapnya.

BACA JUGA  Bhayangkari Sultra Peduli Korban Banjir di Jalan Lasolo

Selain itu ia juga menyampaikan masalah kedisiplinan dalam hal bekerja dimanapun berada. Kalau tidak disiplin maka tentunya tak ada artinya seperti kedepan ketika adik-adik Mahasiswa menjadi pejabat namun tak disiplin maka tentunya akan berbeda hasilnya dibandingkan dengan kedisiplinan dijaga, ujarnya.

Terakhir ia berharap agar ketika ada acara atau kegiatan agar hadir tepat waktu karena kehadiran menjadi salah satu tolok ukur kinerja, jaga kedisiplinan kerja dan dukung program pemerintah dalam setiap kegiatan, terangnya.

Terakhir Camat Konda Harlin,S.Pd., M. Si menyampaikan kepada Mahasiswa KKN MBKM Batch 01 UHO bahwa dalam pelaksanaan KKN di Desa Lebo Jaya ini tentunya adik Mahasiswa akan menghadapi sejumlah karakter dari masyarakat di Lebo Jaya sehingga tentunya IQ dari adik Mahasiswalah yang harus anda jalankan selama tiga (3) bulan kedepan harus di jaga dengan baik agar kenangan buah tangan adik-adik bisa di ingat dan di kenang oleh masyarakat Lebo Jaya, ucap Harlin Camat Konda.

Karena KKN itu ada dua macam, selain fisik juga ada non fisik, seperti adanya kenangan batas Desa dan lainnya. Sementara dalam pembinaan hukum ke masyarakat karena adik Mahasiswa dari Fakultas Hukum maka silahkan berikan ilmu dan nasehat hukum kepada masyarakat Lebo Jaya ini karena tentunya itu akan menjadi sebuah penilaian dari Pemerintah Desa dan Fakultas adik Mahasiswa sekalian, imbuhnya.

Kepada aparat Desa, Camat Konda meminta agar terus menjaga dan menjalin kerjasama baik antara Kades dan aparat Desa lainnya agar roda pemerintahan di Desa bisa berjalan dengan baik. Karena kemajuan Desa serta berjalan dengan baiknya roda pemerintahan adalah dengan adanya kerjasa baik dari semua perangkat Desa termasuk dengan masyarakat di Desa itu, jelasnya.

BACA JUGA  Tolak Jalan Latu Dihapus, Ketua Fraksi PDIP Melky Sedek Sebut Pj Bupati SBB Langgar Aturan

Kepada Mahasiswa agar bisa kreatif dalam melaksanakan KKN selama tiga bulan kedepan termasuk dalam pemasangan sejumlah plakat dan baliho seperti jaga kebersihan, larangan buang sampah sembarangan serta program yang telah direncanakan oleh adik mahasiswa semua.

Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *