oleh

Dibalik Keterbatasan Anggaran, Desa Alebo Sukses Ikuti Lomba Desa

KONSEL, indeks.co.id, Rabu 6 Maret 2024 —- Lomba Desa Tingkat Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kini memasuki tahap penilaian, Tim Penilaipun terjun langsung berkunjung ke desa perwakilan setiap kecamatan salah satunya Desa Alebo di Kecamatan Konda.

Dalam kunjungan tersebut, Ketua Tim Penilai dipimpin langsung oleh Plh Sekda Konsel yang juga Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), H Amran Aras bersama timnya tiba di lokasi sekitar pukul 08.00 wita disambut oleh Kepala Desa Alebo, Sugeng Raharjo, bersama Camat Konda Harlin, Kepala Desa Konda Satu Agussalim, Kepala Desa Puosu Jaya, Kepala Desa Alebo Jaya serta sejumlah Kades lainnya se Kecamatan Konda dan para aparat Desa Alebo, Ibu PKK dan Dasa Wisma desa Alebo.

Dalam keterangannya kepada indeka.co.id, H.Amran Aras menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada pemerintah Desa Alebo kecamatan Konda dan masyarakat yang mana dengan semangat ke gotong royong mampu melaksanakan event lomba Desa ini, dan indikator-indikator yang di harapkan bisa terpenuhi dengan baik, ucapnya.

“Kita tadi sudah melihat secara langsung semua di Desa ini dan Alhamdulillah semua indikator-indikator yang kita harapkan terpenuhi, kata H Amran Aras.

Menurutnya, apa yang diharapkan terpenuhi dengan baik dan ini terjadi dengan adanya tingkat partisipasi dari masyarakat dalam mendukung kegiatan ini, seperti dengan adanya sejumlah kelompok Dasa Wisma, kebun Dasa Wisma yang berisi tanaman ketahanan pangan dan berbagai macam tanaman kebutuhan rumah tangga termasuk tanaman jenis obat, sayur mayur dan bahkan adapula Hidroponik dan kolam ikan.

Selain itu sarana pendidikan serta sarana olahraga, Masjid, Mushollah dan lingkungan yang bersih tentunya juga menjadi salah satu indikator dalam penilaian. Sebab ada tiga kriteria yang akan kita nilai dalam lomba Desa yakni, Pemerintahan, Masyarakat dan Kewilayahan, ucapnya.

BACA JUGA  Kapolres Pinrang Secara Resmi Lepas Peserta One Day Trail Adventure Jelajah Alam Malimpung Explores Bulu Kemiri

Lanjut H Amran Aras, ketika tim penilai di Desa tentunya pertama kita lakukan adalah menilai sistem dan tata kelola pemerintahan di Desa itu, kedua dalam hal sosial kemasyarakatan sampai dimana peran serta masyarakat dan inovasi masyarakat dalam mengembangkan desanya serta yang ketiga adalah sektor kewilayahan seperti penata kelolaan batas Desa, dusun, RT/RW semua itu akan menjadi suatu penilaian kami, ujarnya.

Untuk Desa Alebo ini, kita tentunya percaya bahwa mereka telah mampu melaksanakan dan memenuhi kriteria tersebut dan kami berharap kedepan di pertahankan dan lebih ditingkatkan lagi, karena kami yakin pemerintah Desa dan masyarakatnya akan terus berbenah untuk kemajuan desanya.

Hal ini akan kami laporkan ke pimpinan dan adapun masalah hasilnya tentunya nanti akan diumumkan setelah semua penilaian rampung di setiap Desa yang ikut lomba Desa, pungkas H Amran Aras.

Kepala Desa Alebo, Sugeng Raharjo dalam keterangannya secara singkat mengatakan, dengan keterbatasan anggaran pihaknya berusaha semaksimal mungkin melaksanakan dan menyukseskan kegiatan lomba Desa ini dengan harapan bisa menjadi juara di Kabupaten bahkan mewakili Konsel dan Provinsi Sultra kedepan, ucapnya.

“Semua ini terlaksana atas partisipasi dari masyarakat Desa Alebo dan tentunya tak lepas pula dukungan dari Pak Camat Konda dan rekan-rekan Kepala Desa se Kecamatan Konda,kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih, karena tanpa itu saya tak ada apa-apanya, pungkas Sugeng Raharjo.

Pada kesempatan yang sama, Nurliana Ketua TP PKK Desa Alebo mengungkapkan bahwa, rasa syukur dan terima kasih atas partisipasi dari para Ibu PKK dan masyarakat Desa Alebo dalam mendukung Pemerintah Desa Alebo dan Kecamatan Konda pada umumnya dalam menyukseskan kegiatan lomba Desa ini, dan Dasa Wisma Alebo tentunya sangat berbangga dan berharap lomba yang di ikuti Alebo tidak sampai disini saja tapi bisa sampai ke tingkat nasional, ujarnya.

BACA JUGA  Bupati Soppeng Membuka Rapat Koordinasi, Monitoring dan Evaluasi ETPD Bank Indonesia

Hadir dalam kegiatan ini Kapolsek Konda Iptu Kartini, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Alebo (NN/IE).

Redaksi/Publisher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *