oleh

Kunjungi Bantaeng, Ini Yang Dilakukan Kasad

BANTAENG, indeks.co.id – Kunjungan Kerja (Kunker) Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. ke Kabupaten Bantaeng, diisi dengan berbagai kegiatan bersama Forkopimda dan elemen masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel). Salah satunya dengan terjun langsung membersihkan sampah di sepanjang Pantai Borkal, Kabupaten Bantaeng, Sulsel, Kamis (14/12/2023).

Kegiatan yang dilakukan Kasad bersama Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, serta Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin ini sekaligus menjadi _Kick Off_ Program Bersih Sampah yang juga digelar di delapan Kabupaten di Provinsi Sulsel.

Kasad mengatakan bahwa pembersihan sampah di Pantai Borkal ini merupakan awal dari proses untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, lewat rencana pemanfaatan komoditi rumput laut ke depannya.

“Dalam perjalanan ini, kami berdiskusi di Angkatan Darat, ini perlu dilakukan di seluruh Indonesia. Hari ini hanya dilaksanakan di delapan Kabupaten di Sulawesi Selatan. Dalam waktu dekat kita akan selenggarakan di seluruh Indonesia, secara bertahap nantinya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kasad menerangkan bahwa kehadirannya di Kabupaten Bantaeng, Sulsel, adalah berkat komunikasi yang baik antara TNI AD dengan _eSeaweed Indonesia Foundation_, Pemprov Sulsel, Pemkab Bantaeng, serta pihak terkait lainnya.

“Karena komunikasi saya bersama Pak Hamid Awaludin, yang kebetulan istrinya (Andi Marcelya Awaludin) merupakan Ketua Umum _eSeaweed Indonesia Foundation_, yang sudah lama memikirkan bagaimana supaya program pembersihan khususnya sampah plastik di Bantaeng ini, dapat didukung oleh semua elemen,” tutur Kasad menjelaskan peran TNI AD dalam kegiatan tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Kasad juga menegaskan bahwa akan ada _reward_ bagi satuan-satuan jajaran TNI AD yang dalam kurun waktu beberapa bulan ke depan dapat melakukan tindakan nyata berupa pembersihan sampah maupun penamanan pohon, sebagai upaya mengantisipasi bencana alam yang rawan terjadi di musim penghujan seperti saat ini.

BACA JUGA  Kepada FKUB, Wapres Kembali Ingatkan Empat Bingkai Kerukunan

“Dari Kabupaten Bantaeng ke seluruh Indonesia. Saya berharap Pangdam dan jajarannya berlomba-lomba melanjutkan program ini, dan saya akan memberikan _reward_ untuk wilayah yang bisa memberikan bukti,” ujarnya.

Sementara itu, Pj. Gubernur Sulsel juga terang-terangan menyatakan kegembiraan dan apresiasinya atas kedatangan serta tindakan peduli lingkungan yang dibawa Kasad beserta rombongan ke wilayahnya. “Beliau adalah jenderal bintang empat pertama yang berkunjung ke Bantaeng,” ungkapnya bangga.

Dalam rangkaian Kunkernya, Kasad juga melakukan peresmian sumur bor TNI Manunggal Air, yang dilakukan di Pondok Pesantren As’Adiyah Dapoko, Desa Ulugalung, Kabupaten Bantaeng, serta peresmian serentak 59 sumur bor lainnya di wilayah Kabupaten/Kota Provinsi Sulsel melalui _video conference_. Selain itu, dalam rangka menyambut Peringatan ke-78 Hari Juang TNI AD, Kasad juga menyerahkan bantuan sosial kepada para Veteran Republik Indonesia, serta Warakawuri. *(Dispenad)*

Redaksi/Publizher ; Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *