oleh

Kodim 1615/Lotim Lakukan Mitigasi Bencana Dengan Bersihkan Sungai

Lombok Timur, indeks.co.id — Debit air pada musim hujan yang berlebih tidak jarang menimbulkan bencana bagi warga disekitar aliran sungai. Untuk mengantisipasi hal itu, Kodim 1615/Lotim bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan dan Polsek Lenek melaksanakan karya bakti pembersihan aliran Sungai Kokoq Mpok sepanjang 100 meter di Dusun Tojang, Desa Lenek Pesiraman, Kecamatan Lenek, Lombok Timur, Kamis 7 Desember 2023.

Kegiatan ini tidak hanya melibatkan anggota TNI saja, namun juga melibatkan elemen masyarakat desa setempat serta adik-adik Pramuka Saka Wira Kartika binaan Kodim 1615/Lotim.

Pada musim hujan, kata Komandan Kodim 1615/Lotim Letkol Inf Bayu Sigit Dwi Untoro didampingi Kasdim Mayor Inf Sarbini, S.E., debit air akan melimpah dan kadang tidak bisa ditampung oleh sungai sehingga sangat rentan terjadi banjir. Hal itu akan menjadi bencana bagi masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai.

“Kegiatan ini sebagai mitigasi bencana alam pada musim hujan khususnya banjir,” ujarnya.

Dipilihnya Sungai Mpok, menurut Bayu Sigit, karena di sepanjang aliran sungai terdapat tumpukan sampah baik yang terbawa oleh arus sungai maupun sampah organik yang berasal dari pohon disekitar sungai. Ini berpotensi memicu terjadinya banjir karena mampet.

Selain itu, disepanjang aliran sungai itu juga terdapat daerah yang dijadikan destinasi wisata desa sehingga sungainya harus terlihat bersih dan rapi dengan aliran air yang lancar tanpa hambatan.

“Ketika aliran sungainya lancar dan bersih maka bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi dan inspirasi bagi masyarakat desa khususnya,” imbuh Bayu Sigit.

Lebih lanjut mantan Komandan Secata Rindam IX/Udayana menjelaskan aksi bersih-bersih ini dilakukan sebagai pembelajaran dan upaya membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman pada musim hujan.

BACA JUGA  Komandan STTAL Pimpin Sertijab Dansatma STTAL

Ia juga meminta aksi bersih-bersih tidak harus TNI di depan, namun bisa juga inisiatif bisa datang dari Pemerintah Kecamatan, Polsek atau masyarakat dengan mengajak kami (TNI) untuk melaksanakan kegiatan gotong-royong dan sebagainya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Lenek Pesiraman Surya Jaya Baitul Yadin memberikan apresiasi atas langkah positif yang dilakukan TNI dari Kodim 1615/Lotim untuk melakukan pembersihan sungai yang ada di desanya.

Program semacam itu, sambungnya, agar berkelanjutan meskipun dilakukan tidak sebulan sekali karena musim hujan itu tetap terjadi setiap tahun sehingga dapat mengantisipasi terjadi banjir.

“Kebetulan juga sungai ini dekat dengan kantor desa sehingga menjadi prioritas untuk dibersihkan,” pungkasnya.(NN/IE).

Redaksi/Publizher ; Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *