oleh

Pemkab Soppeng Meminta Kerjasama Seluruh Pihak Untuk Mendapatkan Feedback Klarifikasi Data PDRB

SOPPENG, INDEKS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Soppeng melaksanakan acara Klarifikasi data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kab. Soppeng, bertempat di Hark Cafe & Eatery Malaka. Selasa, 31 Januari 2023.

Kegiatan ini dipimpin oleh Sekretaris daerah Kab. Soppeng Drs. H. A. Tenri Sessu, M. Si yang menjelaskan bahwa Berdasarkan pengamatan yang kami lakukan, ada beberapa hal yang perlu mendapatkan klarifikasi atau penyempurnaan berkaitan dengan semua kegiatan yang menghasilkan produk sebagai dasar PDRB kita di tahun 2022 lalu.

Selain itu, juga ada beberapa yang mengalami peningkatan dan perlambatan. Perlambatan ini dalam artian bukan tidak meningkatkan tapi lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya, serta ada juga yang mengalami kontraksi. Sehingga nanti akan dijelaskan oleh pihak BPS terkait hal ini.

Menurut kami, perhitungan PDRB ini tidak mempersoalkan sumber dananya, karena disemua kegiatan yang menghasilkan produksi dari manapun anggarannya itu bisa menjadi bagian dari perhitungan PDRB. Sehingga melalui kegiatan ini, mungkin masih ada yang bisa kita tambah dan dorong lagi.

Sementara itu, Ananda Ahadi Sya’airilla selaku koordinator fungsi naraca wilayah BPS Kab. Soppeng menjelaskan bahwa, kami sangat mengapresiasi atas kerja sama yang dilakukan Pemerintah Daerah untuk penyediaan data PDRB. Kami berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, kami bisa mendapatkan feedback atau input yang bisa kami digunakan pada saat kami nanti melakukan rekonsiliasi di level provinsi.

Untuk hasil sementara ini, datanya hanya bersumber dari Kabupaten, nanti pada saat rekonsiliasi akan masuk data dari provinsi dan pusat, jadi apa yang akan kami tampilkan saat ini masih ada kemungkinan berubah. Sehingga dengan kegiatan ini tentunya akan menimbulkan efek yang sangat berdeda untuk penyempurnaan data kami.

BACA JUGA  Polda Sulsel Gelar Jumat Curhat Dengan Warga Jalan Pengayoman Makassar

Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP dalam arahannya, Hari ini kita melakukan silaturahmi dan Insya Allah hasilnya dapat membanggakan. Karena dari awal saya selalu meminta agar kita selalu melakukan pertemuan-pertemuan, jika perlu dilakukan per triwulan.

Sebelum memasuki hasil tetap, kita dapat melakukan akselerasi dari hasil sementara. Sehingga, diperlukan koordinasi dengan Provinsi agar data di Kabupaten dapat sama. Bahkan jika ada peluang, dapat kita dorong di tingkat Provinsi agar tidak terjadi kontradiksi.

Saya sangat berharap agar kita fokus dulu mengerjakan hal ini. Jika perlu ada catatan tambahan yang diberikan kepada BPS Kab. Soppeng serta terus melakukan komunikasi agar ada hal-hal yang dapat kita berikan penjelasan.

Turut hadir pada kegiatan ini, para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kab. Soppeng.

Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *