oleh

Workshop Perikanan Budidaya bagi Pelaku Usaha dan Calon Penerima Bantuan Koter

INDEKS.CO.ID | SOPPENG — Workshop Perikanan Budidaya bagi Pelaku Usaha dan Calon Penerima Bantuan Koter (Kolam Terpal) berlangsung di Balai Benih Ikan Ompo, Rabu, 7 Desember 2022.

Kepala Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan Ir. Erman Asnawi, M.Si, terkait kegiatan ini menjelaskan bahwa Workshop ini dalam rangka pembelajaran teknis bagi 120 calon penerima bantuan kolam terpal (koter) yang berasal dari anggaran APBD Kabupaten Soppeng 2022 sebagai salah satu upaya antisipasi melonjaknya inflasi dan pemulihan ekonomi.

Menurutnya, Kolam terpal belakangan ini menjadi usaha primadona, terbukti sudah tercatat sekitar 500an unit saat ini yang tersebar di kabupaten soppeng, sesuai konfirmasi di Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, merupakan kabupaten terbanyak koternya. Karena itu pulalah Pemkab Soppeng pada tahun depan bersama 58 kab/kota akan mendapatkan alokasi anggaran pusat berupa kampung nelayan budidaya perkotaan.

“Hasil tangkapan nelayan di Danau Tempe beberapa tahun terakhir menurun drastis akibat elefasi air yang relatif tinggi dengan adanya bendung gerak di Wajo akhirnya dapat tertutupi produksi ikan air tawar melalui produksi ikan nila dari koter yang rata-rata mencapai 100 kg per koter,” ungkapnya.

“Dalam usaha kolam terpal ini kami mengajak teman-teman agar orientasinya jelas. Ada 3 orientasi yaitu karena hobi, konsumsi dan bisnis. Apabila berorientasi hobi persoalan ongkos tentu tidak akan menjadi persoalan , kalau orientasi konsumsi memberi makan seadanya saja, dan apabila orientasi bisnis artinya harus terperinci pengeluaran dan pemasukan untuk perhitungan bisnis” ajaknya.

Dalam acara ini Peserta workshop terdiri dari perwakilan tiap kecamatan, dimana koter akan prioritas ditempatkan di daerah pegunungan yang selama ini sulit akses produk perikanan, seperti Umpungeng, Gattareng, Walemping, Pesse dan Data’e.

BACA JUGA  Hadiri MIHRAB Summit and Expo 2023, Kapoksahli Pangdam XIV/Hsn Ajak Para Saudagar Untuk Berkembang Mengawaki Ekonomi Global

Sambutan Sekertaris Daerah Kabupaten SoppengDrs H. A. Tenri Sessu, M.Si mengatakan,

Program ini sebenarnya adalah salah satu unggulan kita di Kabupaten Soppeng, dikarenakan upaya yang paling murah untuk menangani stunting ini adalah konsumsi ikan. Akan tetapi tidak semua daerah memiliki pasokan air yang berlebih maka dari itu kami pemerintah daerah mencoba mendorong pembuatan koter ini disetiap daerah disamping untuk menurunkan angka stunting, juga kita mengharapkan ada pendapatan dari saudara-saudara kita yang berkecingpung dalam penerapan koter ini.

“Dalam pengembangan budidaya ikan ini menggunakan media kolam terpal, selain berpengaruh untuk menekan angka stunting, dan memberi pendapatan lebih, budidaya ikan juga secara psikologis berpengaruh juga untuk kesehatan kita di karenakan kunci kesehatan adalah bergerak. Karna dalam pembudidayaan ikan ini kita tidak sadar bahwa kita sudah berdiri dan berputar berjam jam di kolam ikan ini, karena kita melihat dengan apa kekurangan dan yang di perlukan dalam pembudidayaan ini agar ikan tetap sehat” tutup Sekda.

Untuk diketahui, Narasumber dalam kegiatan workshop perikanan budidaya bagi pelaku usaha dan calon penerima bantuan kolam terpal : Prof, Edison MSc, Ph. D dari Unhas , Inspektorat, BPKPD dan Praktisi.(FK).

Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

 

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *