oleh

JAM PIDSUS Periksa 3 Saksi Terkait Perkara PT. Krakatau Steel pada Tahun 2011

Jakarta | indeks.co.id — Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) Kejaksaan Agung memeriksa 3 (tiga) orang saksi yang terkait dengan Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi pada Proyek Pembangunan Pabrik Blast Furnace oleh PT Krakatau Steel pada tahun 2011.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kapuspenkum Kejagung RI) Dr Ketut Sumedana yang diterima redaksi indeks.co.id Kamis 16 Juni 2022 mengatakan bahwa saksi-saksi yang diperiksa yakni ;

1.AMS selaku Direktur Teknik dan Pengembangan Usaha, diperiksa terkait hubungannya dengan Pembangunan Proyek BFC pada tahun 2010 yang bersangkutan selain sebagai Direktur SDM & Pengembangan Usaha juga ditunjuk selaku Project Director Penyusunan Proposal Harga Penawaran Pekerjaan Local Portion ke MCC CERI untuk diberikan ke PT Krakatau Steel dalam tahap tender penawaran harga BFC Project, yang mana harga yang diusulkan pada November 2010 sebesar Rp 2.414.915.097.632.- akan tetapi proses tender pada 2010 gagal karena harga yang ditawarkan oleh seluruh Bidder diatas Harga HPS/OE (Harga Perkiraan Sendiri/Owner Estimate).

Lanjut Kapuspenkum, Kemudian pada tahun 2011 atau pada waktu tender diulang yang bersangkutan tidak lagi sebagai Project Director Proposal melainkan saudara Firjadi Putra (Direktur Bisnis & Operasi I PT Krakatau Engineering) namun tetap membantu Tim Proposal untuk menyusun harga penawaran ke MCC CERI untuk diserahkan ke PT KS dan jumlah harga Local Portion yang diserahkan ke MCC CERI sebesar Rp 1.888.075.728.494 hingga akhirnya MCC CERI dengan anggota konsorsiumnya ACRE + PT KE diumumkan sebagai pemenang dengan harga negosiasi Local Portion sebesar Rp 1.800.900.000.000,-.ujarnya.

2.IK selaku Direktur Pemasaran PT Krakatau Steel periode November 2007 s/d 2012, diperiksa saat saksi selaku Direktur Utama periode 2012 s/d 2015 berperan dalam pertanggungjawaban penggunaan anggaran BFC yakni penggunaan uang muka, dana dalam pelaksanaan proyek BFC.

BACA JUGA  100 Hari Kerja Kapolri Dinilai Memiliki Semangat Kepolisian yang Demokratis

3.FP selaku Mantan Direktur Operasi 1 pada PT Krakatau Engineering, diperiksa saat saksi selaku Direktur Bisnis & Operasi I PT. Krakatau Engineering periode 2010 s/d 2014 berperan dalam pertanggungjawaban sejak penandatanganan kontrak BFC hingga pelaksanaan pekerjaan konstruksi proyek BFC.

Dikatakannya, pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi pada Proyek Pembangunan Pabrik Blast Furnace oleh PT Krakatau Steel pada tahun 2011.

Pemeriksaan saksi dilaksanakan dengan mengikuti secara ketat protokol kesehatan antara lain dengan menerapkan 3M,pungkas Dr Ketut Sumedana.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Dr Ketut Sumedana
Redaksi/Publizher Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *