oleh

Ke Serdang Bedagai, Ketua Umum Kadin Indonesia Tinjau UMKM & Resmikan Gedung Baru

https://indeks.co.id/wp-content/uploads/2022/05/IMG_20220517_160859-3.jpg

SUMUT _ INDEKS.CO.ID — Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Eddy Ganefo melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut) Minggu (23/1).

Agenda kunker kali ini dalam rangka meresmikan Gedung Kadin Sergai sekaligus meninjau kegiatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di beribu kota Sei Rampah tersebut.

Tes

Dalam sambutannya, Eddy yang didampingi Ketua Kadin Sumut, Khairul Mahali, Ketua Kadin Sergai, Suyanti dan jajaran lainnya, mengaku sangat apresiasi terhadap kinerja Kadin Sumut dan teristimewa Kadin Sergai atas pencapaiannya yang luar biasa.

“Pertama, saya sangat apresiasi atas komitmen dan keseriusan Kadin Sumut dan juga khususnya Kadin Sergai karena telah membuktikan kinerjanya yang luar biasa,” ucap Eddy saat memberikan sambutan usai memotong pita peresmian gedung Kadin Sergai, Minggu (23/1).

Menurut Eddy, untuk membuat terobosan besar, semua harus dimulai dari langkah kecil. Dirinya melihat semua itu telah dijalankan dengan penuh komit dan serius oleh rekan-rekan Kadin di wilayah tersebut.

“Sejauh ini saya melihat upaya yang dilakukan Kadin Sumut dan utamanya di Sergai ini sudah terbilang sesuai yang kita harapkan. Banyak pencapaian yang ditorehkan mulai dari pembinaan UMKM hingga komitmen membangun kemitraan dengan seluruh stakeholder terkait. Mudah-mudahan langkah serupa dapat menginspirasi teman-teman di daerah lainnya,” ujar Eddy.

Sementara, Ketua Kadin Sumut, Khairul Mahalli dan Ketua Kadin Sergai, Suyanti pada kesempatan sama mengatakan siap meluncurkan program 1.000 rumah dikhususkan untuk para petani dan nelayan.

‘’Untuk seribu rumah akan dibangun di Jalan Belidaan yang tepatnya satu hamparan dengan kantor Kadin. Lalu lokasi lainnya direncanakan di Kecamatan Tanjung Beringin, juga tepatnya dekat tepi laut,’’ kata Suyanti.

Suyanti lebih lanjut menuturkan, di lokasi perumahan tersebut juga nantinya akan dibuat pabrik pakan ternak serta tapioka dan pupuk organik.

Senada, Sebelumnya, Khairul Mahalli menyebut untuk realisasi pembangunan 1.000 rumah tersebut direncanakan awal Februari 2022. Rumah-rumah tersebut akan diperuntukkan bagi petani dan nelayan, lalu buruh, karyawan maupun pedagang kecil yang belum memiliki rumah.

“Atas peran dan dukungan dari Kadin Indonesia yang diketuai Bapak Eddy Ganefo, Kadin Sumut bersama Kadin Sergai siap mewujudkan program 1.000 rumah yang bernuasa home industry di Serdang Bedagai,” paparnya.

Tak ingin melewatkan kesempatan, Eddy kemudian meninjau kegiatan UMKM di wilayah Sergai, salah satunya industri pengolahan pakan ternak yang terbuat dari bahan (ampas) singkong.

Didampingi Suyanti, Eddy akhirnya menyaksikan langsung proses pembuatan pakan ternak yang terbuat dari ampas singkong.

Dalam keterangannya, Suyanti yang juga Ketua Kadin Serga menjelaskan, pakan ternak dari bahan singkong itu diproses melalui dua cara.

“Untuk prosesnya, ubi singkong diolah menjadi pati lalu patinya dipisahkan dari ampas. Nah, ampasnya ini yang diproduksi melalui pengeringan menjadi konsentrat yang dicampur dengan bungkil sawit dan dedak padi,” kata Suyanti.

Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed