oleh

Tujuh Penyampaian Kapolda Sultra Saat Memimpin Langsung Apel Serpas Pam TPS dan Personel BKO Polres/Ta Jajaran Pemilu 2024

KENDARI, INDEKS.CO.ID — Apel Pergeseran Pasukan (Serpas) Pengamanan (Pam) Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan Personel BKO Polres/Ta jajaran dalam rangka Pemilu 2024 di wilayah hukum Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) dipimpin langsung oleh Kapolda Sultra, Irjen Pol Drs Teguh Pristiwanto, dilapangan Apel Presisi, Minggu 11 Februari 2024.

Sebanyak 1.819 personel Polda Sultra yang terdiri dari Sat Brimob, Ditsamapta dan Polres/Ta jajaran disiapkan untuk melakukan Pam di 8.154 TPS tersebar di 15 Kabupaten dan 2 Kota.

Dalam apel Serpas tersebut, Kapolda Sultra mengatakan, apel pergeseran personil ini merupakan representasi dari kesiapan kita atas tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan oleh negara serta seluruh masyarakat untuk menjamin situasi Kamtibmas selama pelaksanaan tahapan pemungutan dan penghitungan suara yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 14 Februari 2024.

Tugas Pam TPS yang para personil laksanakan nanti adalah tugas yang sangat berat karena setiap personil akan bertanggung jawab terhadap kelancaran serta keamanan, pemungutan dan penghitungan suara di 8.154 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Sultra.

Dibutuhkan fokus dan kesiapan yang matang dari seluruh personil Pam, baik itu penguasaan terhadap cara bertindak yang sesuai jukrah operasi dan kewaspadaan terhadap setiap potensi gangguan selama pelaksanaan Pam TPS.

Disamping itu kesiapan kondisi kesehatan dan ketahanan fisik yang prima juga merupakan hal yang sangat penting mengingat ada beberapa TPS yang memiliki jarak tempuh situasi medan dan durasi waktu pemungutan suara serta penghitungan suara yang berbeda-beda disetiap lokasi TPS, sebagaimana yang sudah terpetakan sesuai dengan Tipologi TPS yaitu kurang rawan, rawan dan sangat rawan.

Sebagai tambahan, perlu Kita ketahui bersama bahwa belakangan ini ada wabah DBD (Demam Berdarah_red) jadi para personil harus mempersiapkan diri di tempat masing-masing, mungkin harus membawa autan pada saat itu dan lain-lain Untuk mencegah tertularnya saudara sekalian dalam pelaksanaan tugas Virus DBD ini.

BACA JUGA  Dongkrak Prestasi Atlet, Squash Indonesia Gelar Pelatihan dan Kejurnas 2022

Dalam pengamanan tahapan Pemungutan Suara Pemilu 2024 kali ini, Polda Sultra melakukan upaya-upaya pengamanan secara maksimal, baik melalui peningkatan kegiatan Operasional, penggelaran personil Pam dan penempatan Pju Polda Sultra sebagai tim asistensi dan supervisor Polres jajaran hingga menempatkan para Pamen Polda sebagai Pamenwas di seluruh wilayah Polda Sultra.

Upaya ini dilakukan agar pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah Sultra dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan.

Dalam kesempatan itu pula, Kapolda Sultra menyampaikan beberapa hal yang nantinya akan menjadi pedoman dan dilaksanakan oleh seluruh Personel Polda Sultra yang melakukan tugas Pam TPS dan Pemungutan Suara di wilayah Sultra yakni ;

1.Kenali wilayah tugas dan laksanakan Pam seluruh rangkaian proses pemungutan hingga penghitungan suara di TPS dengan fokus profesional dan humanis, hindari pelanggaran dan tindakan yang tidak mencerminkan prilaku anggota Polri,

2.Amankan logistik dan tempat penyimpan logistik pemilu secara teliti dan cermat guna mencegah terjadinya upaya sabotase dan pengrusakan terhadap logistik Pemilu,

3.Pedomani buku petunjuk Pam TPS untuk memudahkan memahami hal-hal apa yang menjadi tanggung jawab atau kewajiban serta yang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan personil Pam TPS,

4.Petugas Pam TPS tidak melakukan pencatatan atau mendokumentasikan terkait perolehan suara di TPS,

5.Jalin koordinasi dan kerjasama yang harmonis dengan TNI, Linmas serta unsur lain yang terkait dengan Pam TPS,

6.Pedomani dan pegang teguh komitmen netralitas Polri dalam Pemilu,

7.Jaga kesehatan dan kondisi fisik selama melaksanakan Pam TPS.

Terakhir ia menyampaikan selamat bertugas kepada seluruh personil Pam TPS semoga senantiasa mendapatkan Ridho dan melancarkan segala aktivitas dan tugas yang mulia ini.

Selesai menutup apel Serpas personel Pam TPS Kapolda melakukan pemeriksaan kesiapan seluruh personil Pam TPS dari 13 Polres/Ta jajaran dan Sat Brimob, Dit Samapta Polda Sultra, didampingi oleh Brigjen Pol Dwi Irianto,S.I.K.,M.Si,Wakapolda Sultra bersama Pju Polda Sultra.(NN/IE).

BACA JUGA  Tingkat Kepuasan Publik terhadap Kinerja Polri Capai 87,8%, Ini Kata Legislator Partai Demokrat 

Redaksi/Publisher ; Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *