oleh

Gedung RKB SDN 2 Buke Rusak Berat Ancam Keselamatan Siswa dan Guru

KONSEL, INDEKS.CO.ID – – – Salah satu Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), tepatnya SDN 2 Buke yang berada di Desa Silea Jaya, Kecamatan Buke, terkait sarana prasarana Ruang Kelas Belajar (RKB) Unit 1, kelas 1, 2, dan 3, cukup memprihatinkan atau dengan kata lain telah mengalami kerusakan yang cukup parah dan dampaknya bisa mengakibatkan terancamnya keselamatan dan nyawa siswa dan guru saat melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar.

Menurut beberapa sumber tenaga pendidik, bangunan gedung ruang kelas belajar Unit 1 ini telah lama dibangun pada kisaran tahun 1980, dan kerusakan bangunannya semakin hari semakin rusak parah. Hal ini membuat kami selaku tenaga pendidik terganggu dan was-was saat melaksanakan tugas pembelajaran kepada siswa, takutnya bangunan ini runtuh seketika. Saat ditemui pada Senin, 22 Januari 2024.

Adi Siswoyo, S.Pd.,M.Pd, selaku pejabat kepala sekolah yang bertanggung jawab pada 141 siswa dan 11 orang guru satuan pendidikan SDN 2 Buke, mengutarakan keresahannya melihat kondisi ruangan kelas belajar (RKB) Unit 1 yang sudah pada keropos, retak-retak dinding bangunannya serta ramuan bangunan atap rangka maupun kosen dan lantainya sudah sangat rusak parah. Dirinya begitu prihatin dengan keadaan tersebut.

Dirinya juga merupakan salah satu alumni sekolah ini di tahun 1981, jadi apabila kita merujuk dari situasi dan kondisi konstruksi bangunan, sudah amat layak dilakukan revitalisasi dan rehab total untuk menjadi bangunan baru yang layak dipergunakan dalam proses belajar mengajar siswa dan guru.

SDN 2 Buke adalah salah satu sekolah model di Konsel, sehingga fasilitas sarana prasarana didiknya harus memadai sehingga dapat memberikan keamanan serta kenyamanan bagi siswa dan guru dalam menjalankan kegiatan belajar-mengajar dengan baik.

BACA JUGA  Ingkar Janji, Warga akan segel BTS Tower bersama Group

Dari hasil pemantauan wartawan media indeks.co.id di lapangan tempat bangunan Unit 1, SDN 2 Buke, berdasarkan fakta, kondisinya sangat memprihatinkan. Sebagian besar bangunan sekolah tersebut sudah pada rusak parah, temboknya retak-retak, bagian atas rangka maupun plavondnya pada keropos, lantai keliling pecah dan rusak serta kayu kosen pintu dan jendela rusak.

Hal yang perlu diperhatikan juga ialah, masih dilaksanakannya kegiatan proses belajar mengajar siswa dan guru dalam ruangan tersebut.

Melihat kondisi bangunan Unit 1, SDN 2 Buke, maka perlu adanya perhatian serius dari pihak pemerintah terkait di Konsel agar sarana dan mutu pendidikan terpenuhi sesuai dengan tuntutan era sekarang ini.

Laporan : Adriana                      Redaksi/Editorial: Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *