oleh

Jelang Natal dan Tahun Baru, Satgas Yonif 122/TS  Pos Sawiyatami Gelar Sweeping di Jalan Lintas Trans Papua Demi Menciptakan Rasa Aman

KEEROM, indeks.co.id — Menjelang hari Natal dan Tahun Baru Satuan Tugas Pengaman perbatasan statis RI-PNG Sektor Utara, Yonif 122/TS, yang berada di bawah Kolaops Korem 172/PWY, Pos Sawiyatami melaksanakan kegiatan pemeriksaan (Sweeping) di jalan lintas trans Papua tepat didepan Pos Sawiyatami, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Jayapura, Senin (11/12/2023).

Sweeping tersebut merupakan salah satu tugas pokok Satgas Pamtas yang dilaksanakan oleh Pos Sawiyatami, dipimpin Lettu Inf Zulkifli Sirait bersama sepuluh anggota, yang mengecek identitas dan barang bawaan setiap pelintas, baik kendaraan roda empat maupun roda dua dan mengingatkan agar selalu menggunakan Helm saat berkendaraan demi menjaga Keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

“Seluruh pengguna jalan yang melintas wajib berhenti dan turun dari kendaraan ketika anggota pos melaksanakan pemeriksaan, apabila ditemukan barang yang terlihat mencurigakan akan diturunkan dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap barang tersebut,” tegas Danpos Sawiyatami.

Danpos Sawiyatami Lettu Inf Zulkifli  Sirait mengungkapkan kegiatan sweeping merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di Pos Sawiyatami, ia mengakui sweeping rutin kami gelar, sebagai salah satu upaya kami untuk mencegah penyelundupan dan peredaran barang Ilegal yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Seperti penekanan Dansatgas Mayor Inf Diki Apriyadi, S, Hub.Int, tugas pokok Satgas Yonif 122/Tombak Sakti menjaga keutuhan wilayah perbatasan darat RI-PNG, dengan mengedepankan bidang pengamanan dengan melaksanakan pemeriksaan jalan lintas, patroli patok dan patroli jalur perlintasan Ilegal untuk mencegah penyusupan dan penyeludupan.

“Kegiatan ini merupakan tugas Satgas Pamtas RI-PNG di wilayah Sektor Selatan, untuk mencegah kegiatan ilegal masuknya barang berupa narkoba, miras maupun pelintas batas secara ilegal, jika terbukti kita amankan, periksa dan proses sesuai dengan aturan yang berlaku dan juga bersikap humanis kepada masyarakat yang diperiksa kendaraannya,” tegas Dansatgas.

BACA JUGA  Wow Tinggal Di Grand Mekarsari Residence Sangat Untung Besar

Tujuan sweeping digelar,lanjutnya, juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di Kampung Sawiyatami yang merupakan kampung binaan dari Pos sawiyatami.

Diharapkan dengan kegiatan sweeping yang dilakukan dapat menutup dan mempersempit pergerakan para pelaku ilegal maupun tindakan kriminal guna menjaga kemanan dan ketertiban di wilayah perbatasan.(RH)

Sumber Yonif 122/TS
Redaksi/Publizher ; Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *