oleh

Kapolda NTT Didampingi Karoops, Cek Kendaraan OMB Turangga 2023

NTT, indeks.co.id — Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol Drs Johni Asadoma, M.Hum., selaku Kaopsda didampingi Karoops Polda NTT Kombes Pol Deonijiu De Fatima, S.I.K., S.H., selaku Karendalopsda Operasi Mantap Brata Turangga 2023, memimpin pengecekan kendaraan yang terlibat dalam operasi tahap Pendaftaran Capres-Cawapres Pemilu Tahun 2024.

Pengecekan ini berlangsung usai memimpin kegiatan apel gabungan di Lapangan Ricky Sitohang Mapolda NTT pada Senin (6/11/2023) pagi.

Kegiatan pemeriksaan ini dilakukan di Mapolda NTT sebagai bagian dari langkah penting sehubungan dengan OMB Turangga 2023, yang telah memasuki tahap pendaftaran. Pemeriksaan tersebut mencakup kendaraan-kendaraan yang akan digunakan dalam pengamanan serta kelancaran operasi ini.

Diketahui bahwa dalam rangka pengamanan tahap pendaftaran dan penetapan calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia di wilayah hukum Polda NTT, sebanyak 114 ranmor digunakan, terdiri dari roda dua sebanyak 62 unit, roda empat sebanyak 40 unit, roda enam sebanyak 10 unit, dan roda enam Rantis sebanyak 2 unit.

Kendaraan tersebut dari berbagai satuan tugas seperti Satgas Tindak Satbrimobda NTT, Satgas Preventif Ditsamapta Polda NTT, Satgas Kamseltibcar Lantas Polda NTT, Satgas Gakkum Krimsus Polda NTT, Satgas Preemtif Ditpamobvit Polda NTT, Banops Ditbinmas Polda NTT, Banops Bidhumas Polda NTT, Banops Biddokes Polda NTT, dan Satgas Biroops.

Kapolda NTT menjelaskan bahwa pemeriksa kendaraan ini untuk memastikan kesiapan alat transportasi yang akan digunakan dalam rangka pelaksanaan tahap pendaftaran capres-cawapres.

Selain itu, Irjen Johni Asadoma juga mengingatkan bahwa tahapan Pemilu akan terus berlanjut, dengan tanggal 28 November sebagai awal tahapan kampanye.

Sebagai persiapan, personel Polda NTT telah melakukan latihan pra operasi dan Sispamkota. Mereka juga telah dilengkapi dengan Surat Perintah pengamanan Operasi Mantap Brata Turangga, sebuah operasi besar yang melibatkan seluruh anggota Polri.

BACA JUGA  Jam Pidsus Periksa Enam Saksi Terkait Perkara Kawasan Berikat dan KITE Pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Emas

“Kita sudah melaksanakan latihan pra operasi dan juga Sispamkota. Kita juga sudah dilengkapi Surat Perintah pengamanan Operasi Mantap Brata Turangga. Ini merupakan even yang sangat besar karena dilaksanakan secara serentak dalam sehari. Ini butuh kesiapan kita. Oleh karena itu, setiap anggota wajib mengetahui dan paham tugas dan kewajibannya masing-masing,” tambahnya.

Dalam menghadapi pesta demokrasi ini, Kapolda NTT juga mendorong personel Polda NTT untuk senantiasa siap siaga dalam pelaksanaan tugas mereka.

Beliau menekankan pentingnya kesiapsiagaan, termasuk peralatan Kaporlap dan Kaporsat, serta menjaga disiplin, loyalitas, dan kinerja yang tinggi sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

“Semua personel Polda NTT diharapkan akan menjunjung tinggi netralitas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas mereka selama proses Pemilu 2023-2024 demi terciptanya pesta demokrasi yang aman dan damai di NTT”, harapnya.

Pemeriksaan kendaraan ini juga merupakan salah satu aspek penting dalam memastikan kesuksesan OMB Turangga 2023 dan menjamin keamanan selama proses tahap pendaftaran calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.(NN/IE)

Redaksi/Publisher ; Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *