oleh

Tingkatkan Kompetensi, Taruna AAL Tingkat IV Korps Marinir Ikuti Asesmen Kompetensi

SURABAYA, indeks.co.id — Sebanyak 13 Taruna Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Tingkat IV Korps Marinir Angkatan ke – 69 mengikuti Asesmen atau Uji Kompetensi yang diselenggarakan oleh Disdikal dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) mulai tanggal 12 hingga 13 Oktober 2023 yang digelar di gedung Usman Harun Departemen Marinir AAL, Bumimoro Surabaya, Jumat (13/10).

Dalam kegiatan Asesmen kompetensi yang dilaksanakan selama 2 hari berturut turut ini, para Taruna AAL melewati beberapa tahap kegiatan diantaranya administrasi/pendaftaran Asesi, pengumpulan berkas persyaratan Asesi, pelaksanaan ujian teori dan ujian praktek lapangan sesuai sertifikasi kompetensi yang dimohon Asesi dalam hal ini Sertifikat Pengamanan Objek Vital.

Pada kesempatan kali ini, Perwira Marinir yang bertugas  sebagai Asesor dalam Asesmen kompetensi diantarannya Letnan Kolonel Marinir Fajar Cahyono dari Pasmar 2, Letnan Kolonel Marinir Agus Suprapto dari AAL dan 13 Taruna AAL Tingkat IV Korps Marinir Angkatan ke – 69 sebagai pemohon/Asesi serta sebagai Perwira Validator Asesmen Letkol Laut (K) Muhamad, Kasisubrosdik Dinas Pendidikan TNI Angkatan Laut (Disdikal).

Adapun kegiatan Asesmen pada hari pertama diawali dengan pengisian data atau administrasi yang harus dilengkapi oleh Asesi dan pelaksanaan ujian teori di kelas program Pendidikan (Prodi) gedung Usman Harun Depmar AAL, selanjutnya pada hari ⁶kedua dilaksanakan ujian praktek lapangan sesuai kompetensi yang diujikan salahsatunya praktek materi Patroli dan Pengawalan.

Dalam uji praktek materi pengawalan, para Asesi mendapatkan problem dari Asesor salahsatunya yaitu bagaimana melaksanakan prosedur pengawalan pada saat sebelum, selama dan sesudah pengawalan. Kemudian Bagaimana tindakan pengawalan apabila mendapatkan gangguan dan hambatan pada rute yang akan dilewati. Selanjutnya dalam uji praktek materi patroli, para Asesi juga mendapatkan problem dari Asesor yaitu bagaimana menjelaskan dan mempraktekkan dalam menentukan peralatan dan perlengkapan personal yang digunakan dalam melaksanakan objek Vital.

BACA JUGA  Hadiri Gerakan Sulsel Anti-Mager, Mendagri Ajak Masyarakat Terus Jaga Kesehatan

Kepala Departemen Marinir (Kadepmar) AAL Kolonel Marinir Rana Karyana menyampaikan bahwa Taruna AAL Korps Marinir dalam kelulusannya nanti bukan hanya mendapat ijazah Diploma 4 (D 4) AAL sebagai Perwira Komandan Peleton Marinir yang memiliki kemampuan managemen pertahanan Matra Laut Aspek Darat, namun juga akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi Pengamanan Objek Vital yang diterbitkan oleh BNSP, perlu diketahui juga bahwa Sertifikasi Kompetensi merupakan bagian dari persyaratan Akreditasi menuju Unggul pada Program Studi Managemen Pertahanan Matra Laut Aspek Darat di AAL, pungkas Kadepmar AAL.(NN/IE/RH)

Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *