oleh

PENYALURAN BLT DD TAHUN 2023 DESA TIRTAMARTANI KONSEL

KONSEL, INDEKS.CO.ID — Pemerintah Desa Tirtamartani Kecamatan Buke, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan penyaluran BLT DD TA 2023 tahap II (April, Mei dan Juni) yang bertempat di balai desa Tirtamartani.Penyaluran BLT Dana Desa per sekali dari bulan Januari hingga Desember 2023, dengan nominal Rp300 ribu.

Adapun kriteria penerima manfaat BLT dana desa ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 201/PMK.07 /2022 tentang Pengelolaan Dana Desa dan Permendes Nomer 8 Tahun 2022.

Foto ; Rapat persiapan penyaluran BLT DD Tirtamartani, Kecamatan Buke, Konawe Selatan. (Doc.Adriana)

Berbeda dengan tahun 2022 dimana untuk menanggulangi kemiskinan ekstrim dan untuk meningkatkan daya beli pasca pandemi masyarakat dimana pemerintah desa mewajibkan penyaluran BTL DD minimal 40%, pada tahun 2023 sesuai dengan Permendes No. 8 Tahun 2022 penyaluran BLT DD maksimal adalah 25% dari pagu Dana Desa . Jadi penerima BLT ditahun 2023 akan berkurang drastis karena kebijakan yang berlaku.

Beberapa kriteria yang dapat dimasukkan sebagai calan penerima BLT sebagai berikut ;

1).Keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili dan diprioritaskan untuk keluarga miskin yang termasuk dalam kategori kemiskinan ekstrem,

2).Kehilangan mata pencaharian,

3).Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis,

4).Keluarga miskin penerima jaring pengaman sosial lainnya yang terhenti baik yang bersumber dari APBD dan/atau APBN,

5).Keluarga miskin yang terdampak pandemi covid-19 dan belum menerima bantuan.
Rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia.

Dalam pelaksanaan penyaluran di tahun ini, jumlah KPM BLT DD untuk Desa Tirtamartani sebanyak 26 KPM, penyaluran diserahkan langsung oleh Widjono Kepala Desa Tirtamartani, disaksikan oleh BPD, Tokoh masyarakat dan Pendamping.

Balai Desa Tirtamartani. (Doc.Adriana)

Penyaluran BLT DD Tahap II diterimakan kepada 26 KPM sebesar Rp. 900.000,00 tunai dan berjalan dengan lancar tertib dan tepat sasaran.

BACA JUGA  Danrem 143/HO Gelar Vicon Dengan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 725/Woroagi

Selaku kepala desa, Widjono, mengajak masyarakat penerima bantuan BLT DD untuk senantiasa mempergunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya agar azas manfaatnya di rasakan oleh warga penerima dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

“Semoga keluarga penerima manfaat BLT DD Tirtamartani dapat menggunakan bantuan ini sebaik-baiknya sesuai harapan pemerintah dan bermanfaat bagi mereka, ” Kata Widjono, Sabtu 26 Agustus 2023.

Sementara itu mewakili pemerintah desa dan segenap masyarakat desa Tirtamartani, Widjono menghaturkan ucapan terimakasih yang tak terhingga terhadap pemerintah kabupaten Konawe Selatan dan pemerintah pusat karena tanpa perhatian dan dukungan seriusnya kami tidak dapat berbuat banyak dalam membangun serta mensejahterakan masyarakat desa Tirtamartani ini, pungkasnya.

Sekretariat Pilkades.

Untuk diketahui penyaluran BLT DD Tirtamartani tahap II ini telah dilaksanakan pada 2 Juli 2023 lalu.

Laporan ; Adriana
Redaksi/Publisher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *