oleh

Indonesia Indicator: Kepemimpinan Kuat Kapolri Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat ke Polri

JAKARTA, indeks.co.id – Tingkat kepercayaan publik terhadap institusi Polri terus meningkat pulih. Hal itu terungkap dari Indonesia Indicator (I2), sebuah lembaga riset berbasis software artificial intelligence (AI).

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika Herlambang mengatakan, kepemimpinan yang kuat yang menjadi kunci atas keberhasilan ini. Kepemimpinan yang kuat di Polri dan solidaritas anggota membuat Polri mampu bangkit, bergerak, dan semakin mendekat ke masyarakat, serta terus menegakkan hukum tanpa pandang bulu.

“Naiknya sentimen positif ini juga diikuti oleh berbagai upaya Polri dalam membenahi diri, menegakkan hukum, mendekati masyarakat. Sepanjang tahun ini, Polri telah mengerahkan daya upaya untuk menyelesaikan berbagai kasus narkoba, pengamanan agenda nasional seperti KTT Asean,” ungkap Rustika dalam paparannya bertajuk ‘Menilik Persepsi Publik Terhadap Polri’ bertepatan dengan HUT Polri, seperti dikutip Minggu (2/7/2023).

Menurut dia, secara keseluruhan nilai rapor kinerja Polri pada 2023 berada di posisi 76 persen dari angka 100 persen.

“Angka ini diperoleh dari analisis framing media online terhadap berbagai pemberitaan mengenai Polri,” ujarnya.

Rustika mengungkapkan, pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2023, menjadi isu yang paling berperan penting dalam mengatrol angka kepercayaan publik terhadap Polri.

Selain itu, inovasi Polri dalam pengaduan masyarakat melalui berbagai aplikasi seperti Dumas Presisi, bidang ‘Bhabinkamtibmas’ seperti Polisi RW, penanganan terorisme, aktivitas Jum’at Curhat juga menduduki posisi 10 isu menonjol di Polri dan turut menyumbang sentimen positif.

Rustika menyatakan, pulihnya kembali citra Polri di mata publik juga didukung pemberitaan media yang getol memberitakan soal informasi layanan Polri, terutama di bidang lalu lintas seperti kebijakan terkait kelengkapan surat-surat berkendara, dan pemberlakuan E-TLE. Menurut Rustika, berita yang bersifat informatif ini penting untuk diketahui masyarakat luas.

BACA JUGA  Dua Orang Diperiksa Jam Pidsus Terkait Dugaan Tipikor LPEI Tahun 2013 - 2019 Atas Nama Tujuh Orang Tersangka

Data media online dihimpun dari seluruh berita media online Indonesia, dari 1 Januari – 30 Juni 2023, dengan total mencapai 538.138 berita dari 3887 media online di Tanah Air.

Berdasarkan hasil riset tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit menjadi media daring dengan menyumbang jumlah statement tertinggi yakni hingga 141.902 pernyataan yang dikutip media.

“Ini juga mengindikasikan Kapolri dan jajarannya kerap sigap memberikan informasi maupun menangkal informasi yang negatif dengan cepat tanggap,” ujar Rustika.

Peran Polri yang meningkatkan kepercayaan publik juga terkait berbagai persiapan pelaksanaan Pemilu damai, pendekatan kemanusiaan dalam konflik Papua, penangkapan teroris, penangkapan TPPO yang demikian massif belakangan ini.

“Dan yang paling menarik adalah upaya penanganan mudik yang mendapatkan apresiasi terbesar di masyarakat terhadap Polri,” ungkap Rustika yang memuji soliditas seluruh anggota Polri untuk bersama-sama bangkit melalui berbagai agenda tersebut.

Rustika menilai sensitivitas Polri terhadap isu-isu publik sudah mulai meningkat diibanding waktu-waktu sebelumnya. Selain itu, kata dia, Polri juga lebih cepat bergerak dan bertindak begitu ada isu yang berpotensi untuk meningkat tajam.

“Pendekatan humanis juga mulai dikedepankan,” ucap Rustika.(NN/WRS)

REDAKSI/PUBLISHER : ANDI JUMAWI

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *