oleh

Tak Lama Lagi Warga Gantarang Bulukmuba Akan Panen Pisang di Jalan Rusak

INDEKS.CO.ID | BULUKUMBA _ Warga Desa Polewali, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan aksi protes dengan menanam pohon pisang di jalan rusak, Sabtu 6 Mei 2023.

Sejumlah ruas jalan di Desa Polewali Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba mengalami kerusakan. Mulai rusak ringan, hingga berat. Bahkan beberapa di antaranya juga mengalami kerusakan hingga menghabiskan ruas jalan. Selain kualitas jalan, faktor cuaca, salah satu penyebab kerusakan jalan lainnya adalah aktivitas kendaraan dengan tonase berat. Di mana tidak sesuai atau melebihi kapasitas jalan yang dilalui.

Salah seorang warga, Iksan (25) mengatakan, kerusakan jalan tersebut diduga karena beban kendaraan yang melintas berlebih. Akibatnya, Drainase-talud jalan yang ada tidak kuat menahan beban akhirnya amblas.

“Aktivitas Truk kontainer melebihi kapasitas sehingga beban muatan berakibat pada drainase dan perlahan amblas”, tuturnya.

Salah satu penyebab kerusakan jalan yang terjadi selama ini, karena aktivitas truk yang bermuatan berlebihan. Setiap jalan itu memiliki beban maksimal. Kalau yang melintas melebihi beban, tentu akan amblas jalannya,ucapnya.

Beban maksimal 8 ton. Apabila truk yang lewat melebihi beban, tentu jalan akan rusak. Apalagi kalau melintas itu bukan hanya satu dua kali.

Sebagus apapun jalan yang dibangun jika yang melintas melebihi kapasitas atau kekuatan jalan, tentu akan cepat rusak,cecarnya.

Masyarakat juga mempertanyakan komitmen anggota DPRD kabupaten Bulukumba khususnya dari dapil Gantarang Kindang yang tidak mampu memperjuangkan jalanan rusak tersebut yang setiap tahun diusulkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes).

Belum ada kejelasan yang pasti kapan jalanan ini akan diperbaiki padahal Desa Polewali adalah salah satu desa yang menunjang perekonomian masyarakat perkotaan terlebih letaknya jalan tersebut dekat dari wilayah dengan kegiatan ekonomi yang sibuk.

“Setiap hari Banyak orang yang lewat sini Boss dengan latar belakang profesi yang berbeda-beda sangat disayangkan kalau kegiatan sehari-hari mereka tidak didukung akses jalan yang kurang memadai” kata Ramli Kelli salah satu warga Bonto-Bonto.(Zul)

Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *