oleh

Kepemimpinan Sunar Pemerintah Desa Adaka Jaya, Prioritaskan Pembangunan JUT

INDEKS.CO.ID | KONSEL, Program Pembangunan Desa Adaka Jaya Kecamatan Buke,Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) lebih memprioritaskan Jalan Usaha Tani (JUT), hal ini disampaikan oleh Sunar Kepala Desa Adaka Jaya, Sabtu 29 April 2023 kepada awak media indeks.co.id.

Foto : Suasana Musdes Desa Adaka Jaya.(Doc.Adriana)

“Dalam rangka meningkatkan pembangunan dan menuntaskan angka kemiskinan ekstrim pemerintah Desa Adaka Jaya terkait realisasi Dana Desa (DD) setiap tahunnya lebih memprioritaskan program Jalan Usaha Tani (JUT),”kata Sunar Kepala Desa Adaka Jaya.

Hal ini menurutnya sebagai wujud untuk mengantisipasi serta menjadi akses sarana prasarana pendukung mendongkrak laju perekonomian masyarakatnya ke jenjang yang lebih baik,ucapnya.

Lanjut Sunar, anggaran Dana Desa (DD) Adaka Jaya tahun ini mencapai angka kisaran Rp660 juta terbagi menjadi III tahapan dengan rincian 40 persen tahap I tahap II 40 persen tahap III juga 20 persen sehingga total dari tiga tahap adalah 100 persen,ungkapnya.

Lebih rinci ia sampaikan, secara garis besarnya perencanaan realisasi DD  TA.2023 antara lain :.

1.Adanya program pembukaan jalan usaha tani (JUT) sepanjang 1.300 meter.

2. Pengadaan bibit Pinang Batara kisaran 4.000 pohon.

3.Penambahan modal Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) kisaran Rp100 juta yang bergerak di bidang simpan pinjam, sembako dan penjualan alat-alat rumah tangga.

Selain itu di gunakan untuk pembayaran honor para kader Kesehatan, guru Ngaji, Imam desa, BLT-DD dan lainnya,ungkap Sunar.

Masih kata,  Sunar, khusus penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD, menyentuh kepada 19 orang Keluarga Lenerima Manfaat (KPM),  yang telah melalui Verifikasi saat Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dengan melibatkan unsur LPM, BPD, para Kaur, Dusun, RT dengan turun langsung ke lapangan untuk melihat secara langsung masyarakat mana yang layak dan tidak layak menerima bantuan pemerintah tersebut,terangnya.

BACA JUGA  Sigap,Babinsa Koramil 1412-04/Kolaka Hadir di Tengah Kesulitan Masyarakat Padamkan Kebakaran Rumah

“Sehingga pada realisasi penyaluran BLT-DD Kamis 20 April 2023 ini, yang di selenggarakan di ruang Balai Pertemuan Desa Adaka Jaya di pimpin langsung oleh kami selaku Kepala desa yang di hadiri oleh, Camat Buke, Babinsa kecamatan Buke, pendamping Desa dan beberapa aparat Desa lainnya memprioritaskan kepada orang tua jompo (Lansia) dan masyarakat miskin ekstrim serta di minimalkan menjadi 10 persen dari anggaran yang ada,bebernya.

“Sejak di lantik menjabat Kades sejak bulan Januari 2020 lalu Sunar, kami sangat bersyukur bisa melayani masyarakat sepenuhnya,”ucapnya.

Dari awal Pandemi covid-19 hingga sekarang ini melalui Dana Desa (DD),masyarakat tidak mampu dapat menikmati Bantuan Langsung Tunai dan setiap tahunnya program JUT Desa terfasilitasi di mana hasil panen petani sawah,petani kebun kelapa dan petani tanaman karet dapat teratasi dengan terbukanya akses jalan usaha tani di dusun I, II dan III sehingga azas manfaat positifnya di rasakan langsung oleh  elemen masyarakat umum setempat secara merata.Olehnya harapan kami kepada pemerintah terkait anggaran dana desa bisa lebih di tingkatkan kedepannya,pungkas Sunar.(Adriana)

Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *