oleh

Menilik Manfaat Kepemimpinan Kemendikbudristek pada G20 untuk Indonesia

JAKARTA _ INDEKS.CO.ID, Kamis 31 Maret 2022 — G20 merupakan merupakan forum kerja sama internasional yang beranggotakan 19 negara dan Uni Eropa. Indonesia memegang Presidensi G20 pada tahun 2022, di mana Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjadi pemimpin Kelompok Kerja Bidang Pendidikan G20 _(G20 Education Working Group)_. Selama masa presidensi, Kemendikbudristek mengemas konsep Merdeka Belajar ke dalam empat isu utama sebagai agenda prioritas.

Banyak manfaat yang didapat Indonesia sebagai negara yang memimpin serangkaian pertemuan G20, salah satunya terkait isu pendidikan. Dalam kesempatan ini, Indonesia dapat berbagi berbagai terobosan yang dilakukan Kemendikbudristek melalui Merdeka Belajar dalam mengatasi masalah di dunia pendidikan, khususnya untuk bangkit dan pulih dari pandemi Covid-19. Selain itu, sektor budaya ikut terangkat seiring dengan sektor ekonomi kreatif yang kembali menggeliat.

“Kita melakukan dialog dengan berbagai organisasi baik di dalam negeri maupun internasional untuk mendapatkan berbagai telaah-telaah atau tren dunia tentang dunia pendidikan. Oleh karena itu di sini ada UNICEF, ada World Bank, OECD dan tim lainnya untuk membantu kita memahami isu yang paling relevan dan paling mendesak untuk menjawab tantangan pendidikan di masa pemulihan pandemi maupun pasca pandemi,” jelas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Iwan Syahril selaku Ketua (Chair) G20 Education Working Group (EdWG) ketika menjawab pertanyaan tentang apa manfaat G20 bagi sektor pendidikan di Indonesia pada webinar rutin Kemendikbudristek, Silaturahmi Merdeka Belajar.

Melalui G20 EdWG yang diketuai olehnya, Kemendikbudristek mengangkat empat agenda utama untuk dibahas bersama oleh negara anggota G20. Keempat isu utama yang berakar dari konsep Merdeka Belajar ini adalah Pendidikan Berkualitas untuk Semua _(Universal Quality Education)_, Teknologi Digital dalam Pendidikan _(Digital Technologies in Education)_, Solidaritas dan Kemitraan _(Solidarity and Partnership)_, dan Masa Depan Dunia Kerja Pascapandemi Covid-19 _(The Future of Work Post Covid-19)_.

BACA JUGA  Indahnya Kebersamaan, Prajurit Koarmada III bersama Masyarakat Kampung Bangun Pos Kamling

Selain itu, G20 kata Dirjen Iwan, menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk menguatkan implementasi pendidikan untuk semua _(education for all)_. Baginya hal ini penting karena salah satu masalah yang ditimbulkan dari pandemi adalah makin melebarnya kesenjangan dalam proses pembelajaran. “Krisis pembelajaran yang sudah ada sebelum pandemi, menjadi semakin parah selama pandemi. Apalagi bagi kelompok rentan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Kemendikbudristek meluncurkan pendanaan pendidikan yang berkeadilan melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) majemuk. Daerah yang indeks kemahalannya lebih besar mendapatkan nominal dana yang lebih besar.

“Terobosan inilah yang kita kenalkan dalam forum G20 di mana kita harus menguatkan komitmen bahwa pendidikan itu untuk semua. Bagaimana antarnegara G20 saling berbagi praktik baik sehingga kita dapat berbagi solusi satu sama lain,” tegas Iwan.

_National Programme Officer Education_ UNESCO, Gunawan Zakki mengapresiasi komitmen Kemendikbudristek yang memastikan bahwa isu-isu pendidikan yang diangkat dalam G20 menjadi kebijakan atau Gerakan global _(global movement)_. “Indonesia bagi UNESCO telah banyak memberi kontribusi dan inovasi pendidikan yang diadopsi oleh negara-negara di dunia,” terangnya.

Ia mengemukakan bahwa Kemendikbudristek berhasil memenangkan King Sejong Literacy Price yang terkait dengan peningkatan literasi bagi buta aksara di Indonesia. Artinya, upaya kementerian dalam memajukan literasi sudah diakui dunia. “Kemendikbudristek juga mendapat penghargaan atas upayanya menjadikan pendidikan itu berkembang secara berkelanjutan _(suistanable development)_. Program-program inovasi dari Kemendikbudristek diapresiasi oleh UNESCO dan sudah diimplementasikan di beberapa negara,” urai Gunawan.

Pandangan UNESCO atas empat agenda prioritas yang diusung dalam presidensi G20 ini sangat baik karena isu-isu tersebut saat ini sangat dibutuhkan dunia terutama terkait pencapaian target SDGs tahun 2030. “Indonesia dinilai telah memberi kontribusi positif melalui berbagai kebijakannya yang relevan dengan kondisi saat ini. Kami apresiasi upaya pemanfaatan teknologi digital untuk makin merangkul seluruh lapisan masyarakat,” terangnya seraya menjelaskan bahwa hal tersebut sejalan dengan misi UNESCO.

BACA JUGA  Panglima TNI Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis Mabes TNI

Berikutnya, terkait dengan dunia kerja di masa depan, Indonesia patut menunjukkan eksistensi sebagai laboratorium pengetahuan. “UNESCO berharap akan banyak negara di dunia yang menjadikan Indonesia sebagai referensi untuk memajukan sektor pendidikannya,” kata Gunawan.

Perwakilan Tim Strategi Komunikasi, Kantor Staf Presiden (KSP), Dilla Amran turut menyampaikan manfaat presidensi G20 bagi Indonesia. Salah satunya adalah memperlihatkan bahwa Indonesia telah menjalankan transformasi digital, mengelola energi terbarukan, serta mengimplementasikan konsep Merdeka Belajar yang menjadi jawaban atas perubahan zaman. “Saya yakin, banyak rumusan hasil G20 yang bermanfaat bagi Indonesia ke depan,” ujarnya optimistis.

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *