oleh

Peringati HUT Ke – 50 BASARNAS, SAR Surabaya Lakukan Penanman Bibit Mangrove

INDEKS.CO.ID _ SURABAYA — Kantor SAR Surabaya melakukan penanaman bibit Mangrove, pada Jumat (18/2) pagi, di Kebun raya Mangrove, Medokan Ayu, kota Surabaya. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun ke-50 BASARNAS, yang jatuh pada Senin (28/02/2022).

Hari Adi Purnomo selaku Kepala Kantor SAR Surabaya saat membuka apel peserta penanaman Mangrove mengatakan, Jenis Mangrove yang ditanam, yaitu Rhizhopora Mucronata. Mangrove jenis ini memiliki ciri khas, yaitu bentuk perakaran yang menghunjam ke tanah atau dikenal dengan akar tunjang. Akar tunjang merupakan akar yang tumbuh di atas permukaan tanah.

“Penanaman Mangrove ini adalah salah satu wujud upaya BASARNAS beserta Potensi SAR untuk ikut melestarikan alam,” katanya.

Kantor SAR Surabaya menggandeng sejumlah personel perwakilan Potensi SAR dalam kegiatan penanaman Mangrove ini. Hal ini menjadi wujud sinergi Kantor SAR Surabaya bersama Potensi SAR di luar misi Pencarian dan Pertolongan.

Adapun Potensi SAR yang terlibat dalam penanaman Mangrove ini, diantaranya dari unsur TNI dan POLRI, BPBD kota Surabaya, PMK kota Surabaya, SENKOM Mitra POLRI Jatim, SAR MTA, GERPIK, FKPPAI Jatim, dan BP Pramuka Kwarcab Surabaya.

Dilansir dari laman Kementrian Kelautan dan Perikanan, tanaman mangrove memiliki manfaat yang sangat penting bagi lingkungan, diantaranya menjadi habitat hewan kecil, sebagai rantai makanan, pelindung kawasan pesisir, melindungi laut dari lumpur, sebagai bahan kayu bakar dan lain sebagainya. (Ziyad)

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.
BACA JUGA  Menteri ATR/Kepala BPN: PTSL Itu Program Strategis, Pro Rakyat, Melindungi Rakyat, dan Memberi Kepastian Hukum

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *