oleh

Nyalakan Secara Simbolis Bantuan Listrik Kepada Warga Kabupaten Timor Tengah Selatan

 

INDEKS.CO.ID_KUPANG–Pemerintah sedang berupaya untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan ekstrem di 7 Provinsi prioritas di Indonesia salah satunya di Nusa Tenggara Timur (NTT). Penyediaan akses listrik merupakan hal yang penting karena listrik merupakan salah satu penyebab utama kemiskinan dan ketimpangan di Indonesia.

Untuk mendukung upaya percepatan tersebut, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan yang didukung oleh PT PLN (persero) di tahun 2021 melaksanakan strategi percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrem dengan meningkatkan akses terhadap pelayanan dasar.

Usai memimpin Rapat Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem di NTT, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin meninjau showcase dari PLN terkait program penyediaan akses listrik dan stunting di NTT sekaligus menyalakan secara simbolis bantuan pemasangan listrik gratis untuk masyarakat yang berhak di Kabupaten Timor Tengah Selatan.

“Saya dengan mengucap bismillahirohmanirrahim, program bantuan pasang baru listrik untuk masyarakat yang berhak di Kabupaten Timor Tengah Selatan saya nyatakan mulai menyala dan bisa dinikmati oleh masyarakat setempat,” ucap Wapres ketika menyalakan bantuan listrik secara simbolis kepada warga desa Nunusunu, Kabupaten Timor Tengah Selatan melalui konferensi video dari Halaman Rumah Jabatan Gubernur NTT, Minggu (17/10/2021).

Lebih lanjut, Wapres berpesan kepada para penerima bantuan pemasangan listrik gratis untuk mempergunakan listrik secara optimal dan memanfaatkannya dengan baik serta untuk mendukung pendidikan anak.

“Supaya digunakan dengan maksimal, dengan sebaik-baiknya, dan tetap berhemat dengan listrik yang ada, supaya memberi manfaat, anak-anak supaya bisa belajar dengan baik dan dengan teratur,” pesan Wapres.

Sebelumnya General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) Agustinus Jatmiko melaporkan bahwa pada tahun 2021, desa yang telah dialiri listrik PLN sebanyak 245 dari 278 desa di Kabupaten Timor Tengah Selatan.

BACA JUGA  Babinsa Kodim 1417-08/Asera Amankan Dua Truck Pemuat Kayu Ilegal

“Yang kabupaten Timor Tengah Selatan itu masih ada sekitar 33 desa itu kami programkan di tahun depan bisa selesai Pak Wapres dan kami tiap hari juga membangun di seluruh Provinsi NTT, ini khususnya di Kabupaten Timor Tengah Selatan, kami mau mengeksekusi program dari TNP2K,” paparnya.

Sebagai informasi, Komitmen PT PLN (persero) membangun infrastruktur dasar listrik melalui program listrik desa (lisdes) dengan melakukan pembangunan jaringan lisdes di 9 Desa (2021) di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Total anggaran yang dikucurkan Rp 30,8 miliar.

Adapun manfaat dari program listrik desa adalah membuat warga lebih produktif, menggerakkan perekonomian sehingga kesejahteraan warga desa kian meningkat, kemudian dengan hadirnya bantuan penyambungan listrik, turut membantu pencegahan stunting di NTT dengan meningkatkan perekonomian masyarakat serta program khusus pencegahan stunting oleh PLN Unit Induk Wilayah NTT melalui Pelatihan Kader Posyandu dengan tagline “Cegah Stunting Melalui 1.000 Hari Pertama Kehidupan” di Desa Kolbano & Desa Nunsaen.

Dalam peninjauan tersebut, selain Agustinus Jatmiko, tampak hadir Manager PLN UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Kupang Meyrina Turambi yang memandu Wapres untuk melakukan konferensi video dengan para penerima bantuan.

Sementara Wapres didampingi oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat. (NAR-BPMI Setwapres)

Redaksi : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *