oleh

Kades Latuo, Cegah Corona Kita Harus Bersinergi

INDEKS, KOLAKA, Penyebaran Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terus dantisipasi di setiap daerah, termasuk di Desa Latuo, Kecamatan Samaturu,Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Dengan berbagai upaya dilakukan oleh Sarifah Hapisah selaku Kepala Desa Latuo bersama aparat desa serta warga, saling bahu membahu menangkal Pandemi Covid-19 ini.
Saat di temui di ruang kerjanya, Kepala Desa Latuo mengatakan, untuk tahun 2020 ini, kita mendapatkan musibah virus corona, sehingga untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut, pemerintah pusat dan daerah telah memerintahkan penggunaan dana desa APBN untuk penanganan Covid-19 ini, sehingga pihaknya melakukan upaya dengan pembagian masker, pemeriksaan suhu badan khususnya warga yang baru datang atau mudik, untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona ini kita harus bersinergi,terangnya.
“Kasus pandemi Corona ini terus menguras anggaran dana desa yang bersumber dari APBN sehingga kita harus cermat dalam penggunaannya, serta dapat dipertanggung jawabkan karena ini adalah uang negara yang diperuntukkan untuk pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat,”kata Sarifah Hapisah.
Menurutnya, untuk saat ini, Desa Latuo semua warga aman dari Covid-19 sehingga setiap warga yang baru datang dari luar daerah harus dilakukan pengukuran suhu badan menggunakan Infrared Thermometer untuk mengetahui suhu tubuhnya dengan berkoordinasi dengan pihak puskesmas Samaturu, jelasnya.
Selain itu, lanjut Sarifah Hapisah selain pembagian masker juga dilakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga dan sarana ibadah serta tempat umum untuk mencegah merebaknya virus corona ini. Dengan menggunakan dana desa sebesar Rp.24.000.000,- serta melakukan pembanguan drainasse sepanjang 327 meter, sistem penggajian berbentuk Harian Orang Kerja (HOK), terang Kades Latuo.
Dikatakannya, untuk kesuksesan semu program Pemerintah Desa Latuo, dirinya melibatkan semua unsur masyarakat untuk bersinergi dalam membangun desa, meningkatkan ekonomi kerakyatan serta memajukan serta meningkatkan budaya hidup sehat, tetap jaga jarak, physical distancing, cuci tangan setiap dari luar rumah serta menggunakan masker kalau meninggalkan rumah, pungkasnya.
Laporan : Asdin Remi
Redaksi : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.
BACA JUGA  Bupati dan Kadis Kesehatan Bantaeng Dinilai Langgar Protokoler Kesehatan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *