oleh

WHO, Penyebaran Virus Corona Per 25 Januari Capai 1.320 Kasus

Jakarta – www.indeks.co.id— Penyebaran virus corona menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) per 25 Januari 2020, sudah mencapai 1.320 kasus yang terjadi di 10 negara, termasuk di Amerika dan Prancis dan menyebar di beberapa negara Asia.

Berdasarkan laporan situasi terkini, penyebaran novel coronavirus (nCov) atau virus corona, sudah dinaikkan statusnya menjadi kejadian luar biasa (KLB).

Dari total 1.320 kasus, sebanyak 1.297 orang terjangkit berada di China dan telah mengakibatkan 41 orang meninggal dunia karena terserang penyakit tersebut.

Beberapa negara yang melaporkan ada manusia terdampak virus corona adalah Thailand sebanyak empat kasus, Jepang tiga kasus, Singapura tiga kasus, Australia tiga kasus, Prancis tiga kasus, Korea Selatan dua kasus, Vietnam dua kasus.

Kemudian di Hong Kong lima kasus, Macau dua kasus, dan Taipei tiga kasus, Amerika Serikatdua kasus, dan Nepal satu kasus.

Kasus penyakit ini melonjak 474 kejadian dibandingkan hari sebelumnya, dan jumlah kematian karena corona melonjak hampir dua kali lipat dari laporan per Jumat 24 Januari 2020, sebanyak 25 orang meninggal.

Kasus virus corona di China terjadi di 20 provinsi, dan kabupaten-kota di luar Hong Kong, Macau, dan Taipei. Dari 1.287 kasus virus corona yang terjadi di China, sebanyak 237 penderitanya dilaporkan mengalami gangguan kesehatan yang sangat serius.

Sebanyak 21 orang dari 23 penderita virus corona yang terjadi di luar China, memiliki riwayat bepergian ke Kota Wuhan di Provinsi Hubei, Tiongkok.

Sementara, satu kasus virus corona yang terjadi di Australia memiliki riwayat kontak langsung dengan orang yang positif terinfeksi virus corona di Wuhan saat berada di China.

Sedangkan satu orang yang positif terkena virus corona di Vietnam tidak memiliki riwayat bepergian ke China.

Namun, orang yang dirahasiakan identitasnya itu sempat tinggal bersama anggota keluargayang terjangkit penyakit tersebut setelah berkunjung ke Wuhan.

BACA JUGA  Kejari Tator Klarifikasi Penipuan Berkedok Kajari Tana Toraja

Kasus tersebut merujuk bahwa penyakit virus corona ini dapat menular dari manusia ke manusia.

WHO menyebut status risiko virus corona ini sangat berisiko tinggi untuk di wilayah China, berisiko tinggi untuk wilayah regional Asia, dan risiko sedang untuk skala global.(Red**)

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *