oleh

AJI Google News Inititive gelar Pelatihan Jurnalis di Kota Ternate

WWW.indeks.co.id-TERNATE (MALUT),Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Google Initiative and Internews Gelar Pelatihan Google Tools. Pelatihan tersebut berlangsung selama 2 hari sejak Sabtu (29/6/2019) hingga Minggu (30/6/2019) di Cengkeh Room Hotel Boulevard Ternate provinsi maluku utara

Pelatihan tersebut diikuti oleh 23 peserta Wartawan dari berbagai media cetak, televisi dan online yang ada dikota Ternate yang bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi media dan literasi teknologi di Maluku Utara.

Ketua AJI Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara Hairil Hiar saat diwawancarai menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari agenda Google News Initiative Training yang dilakukan di Indonesia.

Menurutnya kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan jurnalis untuk memverifikasi informasi baik itu, berita, foto maupun video.

“Ini supaya wartawan jangan termakan isu hoaks yang beredar di dunia maya,” ucapnya.

Diakui Hairil bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan kegiatan kedua kalinya setelah sebelumnya digelar kegiatan serupa di Kampus UMMU, Kelurahan Sasa, Ternate Selatan dengan melibatkan para mahasiswa dan sejumlah jurnalis.

Sementara Itu, Ketua AJI Kendari, Zainal Ishaq sekaligus trainer yang sudah terverifikasi Google menuturkan bahwa Kegiatan yang diinisiasi oleh AJI Google News Initiative dan Internews ini adalah untuk memfasilitasi para jurnalis di seluruh dunia termasuk di asia pasifik, khususnya di Indonesia untuk mengenalkan teknologi dan dunia inovasi di dunia internet.

“Ini dalam rangka mendukung kinerjanya sebagai seorang jurnalis dalam rangka melaksanakan tugas-tugas jurnalistik,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya bersama untuk mencegah maraknya informasi hoaks yang melanda bangsa ini.

“Kegiatan serupa sudah dilaksanakan di 2018, itu setidaknya sudah menyasar 30 Kota, di 2019 ini sudah ada kurang lebih 10 Kota, itu sasaranya adalah tahun lalu itu kita sudah mengajarkan sekitar 1000 jurnalis di Indonesia, targetnya di 2019 ini bisa 2000 jurnalis,” ungkapnya.

BACA JUGA  KODIM TOBELO IKUT SERTA LOMBA PEMBINAAN TERITORIAL TINGKAT ANGKATAN DARAT

Pada pelatihan tersebut sejumlah trainer mengajarkan kepada para jurnalis peserta pelatihan tentang sejumlah tools dan cara menggunakanya. Diantara yang diajarkan tersebut yaitu Tools atau aplikasi yang digunakan untuk mengecek keaslian foto, video, lokasi, berita, serta ciri-ciri media atau website yang suka menyebarkan informasi yang menyesatkan publik.

Laporan : Neng/Oje
Publizher/Redaksi : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *