oleh

Prabowo Tegaskan Ingin Lanjutkan Kebijakan Hilirisasi Jokowi: Nilai Tambah Kekayaan Negeri untuk Rakyat RI

Jakarta, indeks.co.id — Prabowo Subianto menegaskan bakal melanjutkan kebijakan hilirisasi yang didorong Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bila terpilih melanjutkan estafet kepemimpinan negara. Menurutnya, kebijakan ini strategis demi meningkatkan nilai tambah komoditas yang dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

“Jadi, yang saya tawarkan satu, melanjutkan program-program yang strategis dan menuju pada _nation building,_ kepada Indonesia makmur,” kata Prabowo dalam wawancara eksklusif bersama Najwa Shihab di program ‘Mata Najwa’, Jumat (30/6).

Prabowo pun memberi contoh hilirisasi sumber daya alam. Ia menjelaskan, nilai tambah atau _value added_ sejumlah komoditas seperti nikel dan bauksit bakal meningkat dengan dikelola secara mandiri di dalam negeri.

Menurutnya, tingginya nilai yang didapat negara bakal berdampak baik bagi masyarakat.

“Bahan-bahan kita sudah cukup, kita tidak mau lagi menjual kekayaan kita sebagai bahan mentah, tidak mau lagi,” tuturnya.

“Kita mau pengolahan di Indonesia. Kita mau bahan-bahan itu diolah di Indonesia sehingga kekayaan nilai tambahnya dapat dinikmati oleh rakyat Indonesia,” sambung Prabowo.

Lebih rinci soal hilirisasi, ia pun menyebut nilai tambah nikel setelah diolah meningkat puluhan kali lipat ketimbang dijual mentah. Karena itu, Prabowo menilai hilirisasi adalah program Jokowi yang perlu didukung keberlanjutannya.

“Nikel, waktu kita jual bahan mentah katakanlan penerimaan negara kurang lebih sekitar Rp13 triliun. Setelah hilirisasi, naik 20-25 kali, bayangkan. Ini yang sangat penting. Ini baru nikel, belum bauksit,” jelas Prabowo.

Jokowi telah berulang kali mengungkapkan bahwa hilirisasi adalah salah satu program unggulan dan prioritas untuk meningkatkan nilai tambah komoditas yang ada di dalam negeri.

Saat ini, Indonesia telah melakukan hilirisasi nikel sejak 2020 yang berhasil memberikan nilai tambah signifikan. Pemerintah pun melanjutkan kebijakan ini di sejumlah komoditas lain mulai dari bauksit hingga tembaga dan emas. Menurut Jokowi, sumber daya alam harus dimanfaatkan secara maksimal bagi kesejahteraan rakyat Indonesia.

BACA JUGA  Pangdam Hasanuddin Disambut Angngaru dan Tari Padduppa Saat Menapakkan Kaki di Bumi Anging Mamiri

Selain hilirisasi, Menteri Pertahanan RI itu juga menyampaikan pendapatnya tentang banyak hal dalam gelar wicara tersebut. Prabowo dalam kesempatan itu juga banyak mengungkap sisi lain yang belum diketahui publik selama ini.(NN)

Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *