oleh

17 Tahun Memimpin Desa Tetenggolasa, Paeran Tetap Optimis Bangun Desa

INDEKS.CO.ID | KONSEL,  Selasa 2 Mei 2023 _ Kemajuan suatu daerah tentunya tak lepas dari peran utama seorang pemimpin, sama halnya dengan kemajuan Desa Tetenggolasa di Kecamatan Buke, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang sejak kepemimpinan Paeran selaku Kepala Desa banyak mengalami kemajuan, seperti pantauan awak media indeks.co.id, Selasa 2 Mei 2023.

Foto : Paeran Kepala Desa Tetenggolasa di teras rumahnya yang merupakan rumah eks Transmigrasi.(Doc.Adriana/Red*)

Saat awak media bertandan ke Desa tersebut, Kepala Desa Tetenggolasa, Paeran menyampaikan bahwa menjelang akhir masa jabatannya di tiga periode ia pimpin desa tersebut, ia tetap optimis dan konsisten dalam membangun desa terutama sarana prasarana desa untuk mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat,ucapnya.

“Kami bersama aparat dan perangkat Desa Tetenggolasa dengan masyarakat terus memegang komitmen secara konsisten dan optimis yang tinggi untuk terus membangun sarana dan prasarana desa untuk mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat,”kata Paeran.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab selaku pemerintah desa, agar roda pemerintahan tetap berjalan seiring dengan peningkatan ekonomi kerakyatan di desa, yang mana desa ini  selama tiga periode saya pimpin dan saat ini sudah berjalan 17 tahun telah banyak dan jauh mengalami kemajuan,ungkap Paeran.

“Selama 17 tahun lebih saya pimpin Desa Tetenggolasa, berbagai macam program telah kita laksanakan untuk memajukan desa ini, terlebih lagi dengan adanya sumber dana dari APBN berupa Dana Desa (DD) sehingga tak ada alasan lagi, desa ini harus kita bangun agar bisa seiring dengan desa lainnya di Konsel dan bahkan secara nasional,”terangnya.

Foto : Warga Desa Tetenggolasa penerima bantuan ternak ayam.(Doc.Adriana/Red*)

Dalam penyaluran dan penggunaan Dana Desa, Paeran menjelaskan, semua direalisasikan sesuai dengan petunjuk  teknis yang ada. Terkait besaran anggaran Dana Desa tahun 2022, Tetengolasa menerima  kucuran dana sebesar Rp600 juta lebih.

BACA JUGA  PT. Bumi Sentosa Jaya Mengadakan Upacara Pembukaan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Nasional

Dana ini oleh pemerintah Desa Tetenggolasa sudah direncanakan sebelumnya melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa.

Dikatakannya, di antara program yang telah di rencanakan tersebut secara detail ia sampaikan kepada awak media indeks.co.id.

I.Anggaran sebesar 20 persen digunakan untuk program ketahanan pangan yang di alokasikan untuk pembelian bibit pinang batara sebanyak 3.000 pohon dan pembelian bibit ayam sebanyak 500 ekor yang di bagikan  langsung kemasyarakat penerima.

II.Perencanaan pembuatan lapangan Volly Ball untuk kegiatan olahraga.

III.Rencana penimbunan jalan sejauh 400 meter  dengan pembuatan plat dueker permanen sebanyak 4 unit di dusun I.

IV.Pembayaran gaji honor para kader kesehatan desa, guru ngaji, dan Imam desa.

V.Peganggaran penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD), sebesar Rp900.000,- per 3 bulan yang akan menyasar 19 orang Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah melalui verifikasi tim desa dengan penerima para janda dan duda yang sudah tidak bisa bekerja (miskin ekstrim) dan masih ada lagi kegiatan lainnya operasional (Ops) tim TPK,ungkap Paeran.

Selain itu, lanjut Paeran,menyampaikan akan dilakukan program desa lainnya yakni melakukan rehabilitasi bangunan Balai/Pertemuan Desa serta pembangunan pagar permanen keliling masjid Miftahul Jannah Desa Tetenggolasa,ujarnya.

Ditanya terkait dengan hak masyarakat desa ia katakan, semaksimal mungkin selaku pemerintah desa kami serahkan sepenuhnya demi kesejahteraan  rakyat, meski keadaan  kami sendiri selama menjalankan pemerintahan desa hingga telah masuk 17  tahun lamanya tempat tinggal di rumah sederhana masih peninggalan eks unit Transmigrasi, Alhamdulillah masih bisa melayani masyarakat  dengan semangat sesuai amanat Undang-Undang tentang desa, pungkasnya.

Foto : Kantor Desa Tetenggolasa, Kecamatan Buke, Kabupaten Konawe Selatan, Sultra.(Doc.Adriana/Red*)

Untuk diketahui, kesederhanaan hidup yang dilakoni oleh Paeran sejak dirinya memimpin Desa Tetenggolasa 17 tahun lamanya hingga saat sekarang ini tahun 2023 patut diberikan apresiasi,dan hasil investigasi awak media ini tak pernah ada kabar buruk terkait pelaksanaan tugas Paeran selaku Kepala Desa, sehingga dirinya oleh masyarakat Desa sangat di segani dan di hormati masyarakatnya.
(Adriana)

BACA JUGA  Diserang Berita Hoax, Kepsek SMP Kristen di Kabupaten Minsel Bakal Tempuh Jalur Hukum

Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *