oleh

Kongres Luar Biasa LMND Tetapkan Ketum dan Sekjen Baru, akan Penuhi Tugas Sejarah Lawan Kapitalisme

Jakarta, indeks.co.id – Kongres Luar Biasa Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) sukses dilangsungkan dengan terpilihnya Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal baru di Hotel Kutaraja, Jakarta, Kamis, (16/02).

Kongres yang dilangsungkan sejak Selasa kemarin menetapkan Syamsudin Saman dan Abu Bakar, masing-masing sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal untuk periode 2023-2025.

Proses pemilihan berlangsung kondusif dan peserta Kongres antusias menyanyikan lagu ‘Darah Juang’ saat ketum dan sekjen baru terpilih.

“Alhamdulillah kongres berjalan kondusif. Kami apresiasi setinggi-tingginya kepada semua kawan yang hadir,” kata Abu Bakar, ketua pelaksana Kongres sekaligus Sekretaris Jenderal terpilih, Jumat.

Dalam pidato sambutannya usai ditetapkan sebagai ketum baru Syamsudin memaparkan, istilah Kongres Persatuan sengaja diambil untuk mempersatukan kembali kolektif LMND di seluruh Indonesia yang kecewa dengan pimpinan Eksekutif Nasional sebelumnya karena dinilai gagal menjalankan program perjuangan LMND.

“LMND ini organisasi revolusioner yang harus hadir di garis massa rakyat tertindas. Historisnya begitu. Tapi ada yang coba-coba mau tarik LMND menjadi organisasi kontra revolusioner,” kata Syamsudin tegas.

Lantaran kondisi tersebut jelas Syamsudin, ada satu kebutuhan mendesak yang harus diambil untuk menyelamatkan LMND agar tugas sejarahnya kembali pada posisi semula dengan membentuk Komite Penyelamat ideologi, politik organisasi LMND disingkat KP-IPO LMND.

KP-IPO LMND inilah terang Syamsudin yang mempersiapkan Kongres Persatuan, termasuk mempersatukan daerah-daerah yang ingin agar LMND kembali pada garis perjuangannya.

Kerja-kerja LMND menurut Syamsudin, dalam dua tahun terakhir sudah dievaluasi secara total oleh kongres dan forum menilai kepemimpinan sebelumnya gagal.

Selain bicara esensi Kongres, Syamsudin juga menjabarkan situasi global yang menurutnya penuh dengan ketidakpastian buntut dari kebangkrutan kapitalisme.

“Di depan mata kita ada ancaman krisis pangan, perang, krisis iklim, kelaparan, pandemi dan banyak lagi. Ini semua karena kapitalisme gagal, kapitalisme sebentar lagi bangkrut,” katanya.

BACA JUGA  Perkuat Toleransi Beragama, Menteri Agama Fachrul Razi Kunjungi Vihara Mahavira

Dari situasi dunia yang sedemikian itu menurut Syamsudin, LMND harus hadir memenuhi tugas sejarahnya dan menjadi pelopor perubahan melawan Kapitalisme.

Saat ditanya langkah apa yang akan dilakukan LMND untuk menjawab situasi global dan nasional yang sedang tidak menentu tersebut, Syamsudin mengaku, pihaknya akan mengajak sesama anak bangsa untuk membumikan kembali konsepsi dasar negara supaya dapat berdaulat.

BACA JUGA : Kepala sekolah SLB 1 Sinjai Mengutamakan Keharmonisasian Dalam Lingkup Sekolah

“Konsepsi membangun bangsa supaya adil dan berdaulat secara ekonomi sudah tegas dijabarkan di konstitusi kita lewat pasal 33 UUD 1945. Di Pancasila juga sudah terang benderang. Ini yang harus kita menangkan kedepan,” katanya lagi.

Menurutnya, saat ini negara telah meninggalkan konsep-konsep yang sudah dirumuskan para pendiri bangsa dan lebih memilih konsepsi liberal kapitalistik yang sudah tidak relevan.

Itu mengapa jelas Syamsudin, Indonesia harus kembali pada bintang arahnya, yakni UUD 1945 dan Pancasila.(NN)

Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *