oleh

Wapres: Kurban, Bukti Kepekaan Sosial terhadap Sesama Manusia

Makkah | indeks.co.id — Hari Raya Idul Adha yang juga disebut sebagai Hari Raya Qurban mengandung makna sosial. Umat Islam dianjurkan untuk menyembelih hewan Qurban seperti kambing, sapi, atau unta yang dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Menurut Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin, menyembelih hewan Qurban selain merupakan wujud pelaksanaan tuntunan agama, juga mengandung dampak sosial yang positif karena dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Selain itu, Qurban dapat menjadi bukti kepekaan sosial bagi kita untuk berbagi dan peduli kepada sesama apalagi pasca pandemi seperti sekarang ini,” ungkap Wapres dalam tayangan video ucapan Hari Raya Idulak Adha 1443 H, Sabtu (09/07/2022).

Untuk itu, kata Wapres, menyembelih hewan Qurban hukumnya sunnah muakkad (sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan), bahkan ada ulama yang mewajibkan karena besarnya manfaat yang dihasilkan.

“Umat Islam sangat dianjurkan setidak-tidaknya sebagai sunnah muakkadah untuk menyembelih Qurban. Bahkan di antara ulama ada yang mewajibkan untuk menyembelih Qurban,” tuturnya.

Lebih jauh, di tengah mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak saat ini, Wapres mengimbau kepada para penyedia hewan Qurban agar menyiapkan hewan yang terbebas dari PMK.

“Sebab berqurban dengan hewan yang terkena PMK hukumnya tidak sah. Di samping itu, daging dari hewan Qurban tersebut nantinya akan didistribusikan dan dinikmati oleh masyarakat luas,” ujarnya.

Terakhir, kepada segenap umat Islam di seluruh tanah air, Wapres mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H dan berharap perayaan Idulam Adha kali ini semakin mempererat persaudaraan sesama manusia.

“Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, semoga perayaan Idulal Adha ini dapat semakin meningkatkan keimanan, ketaatan, dan kepatuhan kita kepada Allah SWT,” ucap Wapres.

BACA JUGA  TNI Jaga Perdamaian Dunia, Panglima TNI Beri Semangat Dan Motivasi Prajurit TNI di Lebanon

“Dan di tengah pandemi Covid-19 ini semoga semangat berqurban akan semakin mempererat persaudaraan antara sesama manusia,” doanya.

Sebagai informasi, Wapres beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 H ini di tanah suci Makkah sembari melaksanakan ibadah haji. Wapres dan Ibu Wury berkesempatan menunaikan ibadah haji tahun ini setelah mendapatkan undangan khusus dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

EP/RJP-BPMI Setwapres
Redaksi/Publizher Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *