oleh

Kebersamaan dalam bingkai silaturahmi keluarga besar KKS Sultra

Kolaka Timur | indeks.co.id — Dewan Pimpinan Wilayah Kerukunan Keluarga Soppeng Sulawesi Tenggara (DPW-KKS SULTRA) bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Daerah KKS Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) menggelar kegiatan arisan dan silaturrahmi yang dilaksanakan di kediaman H.Muzakkar Hj.Andi Sukarsih, tepatnya di Perumahan/BTN Tinomu Desa Orawa Kecamatan Tirawuta, Rate-Rate Kolaka Timur, Minggu 19 Juni 2022.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulan, sebagai ajang silaturahmi antara sesama orang Soppeng,”Kata AKBP (Purn) H.Ruslan Ketua DPW KKS Sulawesi Tenggara.

Menurut mantan Kasubdit Kamsus Direktorat Intel Polda Sultra ini, sebagai orang Soppeng yang berada di rantauan tentunya sangat diharapkan untuk memperkuat tali silaturahmi dan melalui kegiatan ini kita bisa saling mengenal satu sama lain,ujarnya.

Disamping itu, lanjut Ketua DPW KKS Sultra mengatakan, KKS yang ada di Sultra saat ini mencapai ribuan orang, yang tersebar di daerah Konawe, Konsel, Konut, Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Bombana, Kota Kendari dan sejumlah daerah di Sulawesi Tenggara lainnya.

H.Buhari Matta.

Ia berharap, kedepan ketika ada kegiatan seperti ini kehadiran dari KKS bisa semakin meningkat. “Dibandingkan dengan kegiatan Silaturrahmi bulan Mei lalu dengan kegiatan hari ini jauh lebih ramai lagi, dihadiri sekitar 200 orang lebih KKS yang sempat hadir,”ujarnya.

Dikatakannya, ketidakhadiran dari KKS yang lain dikarenakan adanya kegiatan masing-masing, diantaranya ada yang sedang bertugas keluar daerah. Selain itu karena adanya tugas di daerahnya yang tak bisa ia tinggalkan, sehingga tak sempat hadir pada kegiatan ini,ujar AKBP (Purn) H.Ruslan.

AKBP (Purn) H.Ruslan.

AKBP (Purn) H.Ruslan berpesan, kepada seluruh Kerukunan Keluarga Soppeng yang berada di Sultra, untuk kegiatan kedepan bisa hadir lebih banyak lagi dan untuk bulan Juli 2022 Insya Allah akan di selenggarakan di Kota Kendari, sehingga tentunya akan semakin banyak yang hadir,harapnya.

Iapun menyampaikan kalimat Filosofi orang Soppeng yakni kalimat “YASSISOPPENGI” artinya Mari bersatu dalam melakukan suatu hal, kegiatan yang baik untuk kemaslahatan umat,dilakukan secara bersama-sama,pesan terakhir dari Ketua DPW KKS Sultra AKBP (Purn) H.Ruslan.

Hadir dalam kegiatan ini DR.Drs.H.Buhari Matta, M.Si mantan BUPATI Kolaka dua periode yang merupakan warga asli asal Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan. H.Buhari Matta saat memberikan sambutannya  menyampaikan pesan bahwa, sebagai orang Soppeng yang dalam perantauan ada tiga pesan orang tua yang harus kita jadikan bekal dan pedoman dalam mengarungi kehidupan diperantauan yakni, Lempu,Getteng, Ada Tongeng,ucapnya.

Menurutnya, Bangsa Bugis dikenal sebagai penganut adat-istiadat yang kental dan kuat. Salah satu falsafah Bugis yang kesohor dan masih dianut sampai saat ini, yaitu GETTENG, LEMPU, ADA TONGENG. Falsafah atau pandangan hidup tersebut merupakan sikap batin paling mendasar yang dimiliki oleh orang Bugis,ungkapnya.

Penjabaran dari ketiga Falsafah Bugis tersebut adalah

1.Getteng adalah sebagai sesuatu yang tegas dan konsisten,yaitu tindakan yang tidak samar-samar dan bimbang.

2.Lempu adalah sesuatu prilaku yang jujur, dalam artian mengakui, berkata, atau pun memberi suatu informasi yang sesuai kenyataan.

3.Ada tongeng, berhubungan dengan ucapan yaitu mengatakan yang benar, tidak bohong, tidak ada ucapan rekayasa, tutup H.Buhari Matta dalam sambutannya.

Pada kesempatan berbeda Sekretaris DPD KKS Kabupaten Kolaka Timur, Hj.Andi Nuraida,S.PdI dalam keterangannya kepada awak media indeks.co.id mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas kehadiran seluruh KKS di DPD KOLTIM, iapun mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya dalam ungkapan bahasa Bugis mengatakan, Lonimai Tofada Siakkatenning Lima, Sitonra laleng Natessibelleang nasibawai sumange temmalara” artinya : Marilah kita bergandengan tangan antara satu dengan yang lainnya, berjalan searah, melangkah sesuai rencana tidak saling menghianati, dan menjatuhkan, teguh dalam keyakinan, kukuh dalam kebersamaan”, ungkap Hj.Andi Nuraida,S.PdI.

Silaturrahmi KKS di DPD KKS Kolaka Timur ini turut dihadiri oleh Ibu Hj Rahmatiah L, M.Si Wakil Ketua DPRD Koltim, Sekdis Kes, Plt Bapenda KOLTIM Irvan Labatamba,SKM.,M.Kes, yang diketahui isterinya orang asli Soppeng, H.Muh.Nur Patte Ketua DPD KKS KOLTIM,Hj.Andi Nuraida,S.PdI Sekretaris DPD KKS KOLTIM, Drs.H.Akib Talha sesepuh KKS, AKP H.Adnan Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga KKS Sultra.

Pantauan awak media, kegiatan ini diawali dengan pembacaan ayat Suci Al_Qur’an dan sambutan Ketua DPW KKS Sultra, kegiatan Dzikir/Shalawat dan dilanjutkan dengan pencabutan Lot Arisan, serta kegiatan hiburan yaitu mancing bersama di Tambak Ikan milik H.Muzakkar Hj.Andi Sukarsih.

Suasana canda tawa dan gurauan nampak dari para Kerukunan Keluarga Soppeng yang hadir, diselingi dengan teriakan ketika ada yang berhasil mendapatkan ikan, ada ikan Mas, Ikan Gurami, Ikan Gabus, Ikan Mujair, sungguh luar biasa suasana dan keramaian silaturrahmi KKS di Kediaman H.Muzakkar Hj Andi Sukarsih pada hari itu.

Sejumlah warga KKS enggan beranjak saking senangnya perasaan mereka dan berharap kedepan di bulan Juli 2022 pelaksanaan Silaturrahmi dan Arisan KKS di Kota Kendari akan lebih meriah dan ramai lagi.

(TIM)

Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.
BACA JUGA  Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia, "MARI JAGA LINGKUNGAN"

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *