oleh

Ketua DPR Puan Maharani Bocorkan Rahasia Resep Warisan Megawati

Jakarta | indeks.co.id — Ketua DPR, Puan Maharani mengaku rindu dengan masakan ibundanya Megawati Soekarnoputri yang merupakan mantan Presiden ke-5 Republik Indonesia saat memperingati Lebaran Hari Raya Idul Fitri.

Menurut dia, Ibu Mega memang pintar masak rendang ayam untuk hidangan spesial Lebaran.

“Ibu saya itu pinter masak rendang, rendang ayam. Itu tradisi bagi keluarga kita,” kata Puan melalui keterangan tertulisnya pada Kamis, 5 Mei 2022.

Bukan cuma Puan, rendang ayam bikinan Ketua Umum PDI Perjuangan itu juga selalu ditunggu-tunggu oleh anak dan cucunya yang lain.

“Kalau makan ini cuma ada di rumah neneknya, dan itu hanya satu tahun sekali,” ujarnya.

Dengan begitu, Puan yang merupakan mantan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) ini membagikan resep rendang ayam bikinan Megawati melalui akun instagramnya, @puanmaharaniri.

“Wah, ternyata banyak yang menanyakan resep Rendang Ayam bikinan Ibu saya. Bagi yang penasaran, saya bisikin ya,” tulis Puan. Rupanya, rendang ayam bikinan Megawati itu adalah resep warisan dari kakek Puan, Soekarno. Resep tersebut juga sudah ditulis di Buku “Mustika Rasa, Resep Masakan Indonesia Warisan Soekarno”

“Jangan lupa untuk langsung dicoba. Semoga berhasil,” jelas dia. Berikut bahan-bahannya:

1 kg daging ayam bistik (lulur dalam) 2 butir kelapa 10 buah bawang merah 6 siung bawang putih 6 sdm cabai merah giling 2 lembar daun kunyit 2 biji kemiri 1/2 ruas kunyit 2 ruas laos 3 sdm garam 2 ruas jahe

Berikut cara membuat rendang ayam ala Megawati:

1. Cuci daging, potong persegi

2. Giling halus bumbu, kecuali laos dan kunyit dan serai

3. Parut kelapa, jadikan santan

4. Didihkan kelapa dan bumbu bumbu dengan wajan, masukkan daging

BACA JUGA  Kapal Rumah Sakit TNI AL Siap Angkut Bantuan Untuk Gaza

5. Masak dengan api sedang, terus diaduk hingga air kering

6. Kecilkan api, aduk terus dengan sodet. Angkat bila kering dan warna coklat kehitaman.
Redaksi/Publizher : Andi Jumawi/Viva

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *