oleh

Kepala Desa Asembu Serahkan BLT Tahap I Tahun 2022

KONSEL _ INDEKS.CO.ID — Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahap I ( BLT – DD ) Desa Asembu Mulia, Kecamatan Buke, Kabupaten Konawe Selatan (  KONSEL ), Provinsi Sulawesi Tenggara ( SULTRA ), yang bersumber dari Alokasi Dana Desa ( DD ) tahun anggaran ( TA ) 2022, menyasar Ke 30 orang Keluarga penerima manfaat ( KPM ), lanjut usia ( Lansia ) dan penyandang cacat  ( Distabilitas ). Kegiatan yang di pimpin langsung Kepala Desa, Yhudi Haji Ismono S.Sos,  di hadiri pendamping lokal Desa ( PLD ), badan permusyawaratan Desa ( BPD ), Tim relawan covid – 19 dan unsur masyarakat keluarga penerima manfaat ( KPM ) berlangsung sukses 12 – 4 – 2022.

Dalam sambutannya, Yhudi Haji Ismono S.Sos, menjelaskan, bahwa 30 orang calon keluarga penerima manfaat ( KPM ), bantuan langsung tunai dana Desa ( BLT – DD ), tahap I ini,  semuanya telah melalui verifikasi kelayakan data,oleh Tim relawan covid – 19, yang terdiri dari unsur, Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ),  RT,  DUSUN, SEKDES dan aparat lainnya, guna memastikan kriteria yang di terapkan sesuai mekanismenya,ucapnya.

Di lain tempat, 12 – 4 – 2022,  kepada awak media indeks.co.id, Yhudi Haji Ismono S.Sos, menjelaskan, terkait BLT – DD tahun anggaran 2022, yang diberikan bantuan cuma 30 orang warga penerima, khususnya para lanjut usia ( lansia ) serta penyandang cacat, serta dipastikan tidak sedang menerima Bantuan sosial lainnya.

Berdasarkan regulasi dari Kementrian Desa tertinggal, dari total Anggaran dana Desa Asembu Mulia, yang  berkisar enam ratus juta lebih, 40 persen dialokasikan untuk pembiayaan Blt – DD, 20 persen untuk ketahanan pangan,  8 persen untuk penanganan covid – 19, dan  32  persennya untuk insentif  kelembagaan Desa serta penambahan modal BUMDES, terkait pengembangan jaringan internet Desa.

BACA JUGA  Kodim 1418/Mmj Kolaborasi dengan  Pemda Mateng, Entaskan Stunting
Yhudi Haji Ismono S.Sos, Kadesa Asembu Mulia, Kecamatan Buke Konawe Selatan.(Doc.Adriana)

Yakni pemasangan WIFI,  yang mana Desa Asembu Mulia dipercaya oleh KOMINFO, dalam hal ini Bakti Kominfo,  di Kabupaten Konawe Selatan bisa jadi penyedia layanan INTERNET  Desa dan sudah berjalan  keluar Desa misalkan, Kantor camat Wolasi dan Kantor camat Baito.

Di lanjutkannya, saat ini ada pemasangan jaringan, kabel dan tower, adapun terkait realisasi dana Desa ( DD ) tahun ini, kami pemerintah Desa telah melakukan beberapa tahapan mulai dari musyawarah dusun ( MUSDUS ) sampai dengan musyawarah Desa ( MUSDES ), bagaimana kita menampung aspirasi masyarakat, apa yang di inginkannya tidak dapat terealisasi sesuai perencanaan, di sebabkan karena masih dalam suasana Pandemi covid – 19,  yang mana program pemerintah pusat yakni pemulihan ekonomi, di tuntut kesabaran bersama masyarakat,  semoga saja di tahun 2023, bencana covid – 19 telah selesai, sehingga  apa yang menjadi perencanaan masyarakat bisa terjawab dan terealisasi,pungkasnya.

Laporan : Adriana
Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *