oleh

Warga Desa Minasa Upa Maros Kini Bisa Nikmati PAMSIMAS

Maros-Sulsel
www.indeks.co.id
Minggu 16 Mei 2021

Warga Sikapaya Desa Minasaupa,Kecamatan Bontoa,Kabupaten Maros,Provinsi Sulawesi Selatan kini sudah bisa menikmati program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, atau dikenal dengan sebutan PAMSIMAS, merupakan platform pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan yang dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Dimana sebelumnya puluhan tahun jika musim hujan memakai air hujan dan kalau musim kemarau hanya memakai air sumur yang asin dan membeli air dari pedagang air minum, perjerigen atau mobil tangki yang sering membawa air bersih.

Kades Minasaupa mengungkapkan,”
Dengan adanya Pamsimas masyarakat merasa bersyukur dan sudah bisa menikmati air dari pegunungan.”ungkapnya,Minggu, 16/05/2021.

Lanjut Kades Rusman.S.Sos,ketika di temui di Sikapaya,” Program Air minum dan sanitasi berbasis masyarakat desa Minasa Upa kecamatan Bontoa Maros.Kelompok Swadaya masyarakat (KSM) bersumber dari dana pusat Dana Desa (DD) APBN dan adapun pelaksanaan proyek air bersih untuk warga desa Minasa Upa mulai tahun 2020 ini dapat di fungsikan pada awal tahun 2021 dengan sumber mata air dari Tapping desa Salenrang yang berada di atas gunung.

“Untuk saat ini baru dua dusun yang bisa menikmati air ledeng yakni dusun Buamata,dusun Sikapaya dengan jumlah pelanggan baru 30 rumah tangga yang sudah terpasang meteran dan sudah mengalir airnya,”ujar Kades.

Yuliana salah satu warga Sikapaya mengatakan,” Mudah-mudahan dengan program ini warga desa Minasa Upa ini  bisa menggunakan air sesuai kebutuhan sehari-harinya,”ucapnya.

Laporan : Syahid/Andi Patawari
Redaksi : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.
BACA JUGA  Road Show Ke-11 di Sultra, Pangdam XIV/Hsn Pesan Untuk Tetap Menjunjung Tinggi Netralitas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *