oleh

Gibran Terima Tamu Audiensi Negara Abu Dhabi

SURAKARTA — INDEKS.CO.ID
JUM’AT 5 MARET 2021

Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, Jumat (5/3/2021) di Ruang Walikota, menggelar audiensi dengan biro desain dan konsultasi independen, PT Arkonin yang merancang The Surakarta Grand Mosque (Masjid Agung Surakarta) yang merupakan replika Syeikh Zayed Grand Mosque di Abu Dabi.

Gibran menyambut baik kedatangan utusan dari Abu Dhabi dan PT Arkonin, dirinya juga berharap pembangunan masjid tersebut dapat mempererat hubungan persahabatan antara Indonesia dan Uni Emirat Arab khususnya Kota Surakarta.

“Terima kasih atas kedatangan bapak-bapak dari Abu Dhabi dan PT Arkonin. Saya berharap masjid yang akan dibangun nanti memperkuat hubungan yang selama ini terjalin dengan baik antara Indonesia dan Uni Emirat Arab,” urai Gibran.

Sementara itu, Nur perwakilan dari PT Arkonin, mengatakan, untuk persiapan sudah dilakukan dengan land clearing untuk peletakan batu pertama pembangunan masjid yang berkapasitas 10 ribu jamaah, esok hari, Sabtu (6/3/2021).

“Masjid kami rancang agak miring dengan mengarah pada kiblat. Sebelah timur akan ada bulevar. Di sisi depan kita buat air mancur dikombinasikan dengan pohon lokal Kota Solo. Lahan parkir di samping sehingga tidak mengganggu tampak depan,” jelasnya.

Masjid Agung di Kota Surakarta nantinya mampu menampung 10 ribu jemaah. Sedangkan Masjid di Abu Dhabi dapat menampung 40 ribu jemaah. Namun kubah utama tetap ada 3 seperti masjid aslinya.

Selain untuk tempat ibadah, masjid tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai wisata religi. Bentuk masjid yang indah juga dilengkapi penataan lighting yang sangat menawan dan material berkualitas di antaranya memakai kuningan dan tembaga berkualitas dari Jawa Tengah.

Diketahui dalam peletakan batu pertama nanti menurut rencana akan dihadiri Menteri BUMN Erick Tohir mewakili Menko Luhut, Menteri Agama RI, Menteri Energi dan Infrastruktur UEA, Gubernur Jawa Tengah, Walikota dan Wakil Walikota, Sekda Surakarta dan jajaran perangkat daerah.

BACA JUGA  Menarmed 2 Putra Yudha Gelar Jum'at Sehat, Bangun Jiwa Sportivitas dengan Berolahraga

Hadir dalam audiensi tersebut, 3 perwakilan dari Abu Dhabi (UAE) Mohamad Ali Rasid beserta rekan, Kepala Kemenag Surakarta Hidayat Maskur, perwakilan Dubes Indonesia untuk Uni Emirat Arab dan Thohir dari Esco Oil dan Gas.

Sementara perwakilan Abu Dhabi mengapresiasi atas sambutan dan pelayanan yang ramah dari Walikota Surakarta dan warganya.

“Kami berharap hal ini dapar mempererat hubungan dua negara. Terima kasih atas penghargaannya dengan disambut baiknya pembangunan masjid dari kami. Berharap untuk masa depan persahabatan semakin erat. Kami sangat senang melakukan perjalanan ke Solo,” ujarnya.

Sebaliknya Walikota Gibran sangat menghargai atas dukungan Abu Dhabi bagi iklim keagamaan di Kota Surakarta. “Terima kasih atas support dan semoga nyaman di Solo,” sambut Walikota Gibran.

Redaksi/Publisher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *