oleh

20 Manfaat Cabai bagi Kesehatan, Cegah Kanker dan Bikin Awet Muda

 
INDEKS,Kesehatan,Anda tentu tak asing lagi dengan cabai atau chili. Cabai merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa pedas dan banyak digunakan sebagai penyedap masakan.
Cabai memiliki nama ilmiah Capsicum annuum yang masih satu keluarga dengan paprika dan tomat. Sayuran tersebut memiliki ukuran, warna, dan jenis berbeda seperti cabai merah, cabai keriting, cabai hijau, cabai rawit, hingga cabai setan.
Banyak orang menyukai makanan pedas lantaran cabai terkenal bisa meringankan stres dan mengatasi pilek serta sariawan. Namun, masih ada pula orang yang tidak menyukai cabai karena bisa menyebabkan diare.
Di balik rasanya yang pedas, cabai menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Akan tetapi, Anda sebaiknya mengonsumsi asupan cabai sesuai dengan kemampuan perut dan tubuh alias tidak terlalu banyak.
Menurut Health Line, cabai mengandung nutrisi dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Sayuran tersebut memiliki kandungan vitamin C, vitamin B6, vitamin K, kalium, tembaga, serta vitamin A.
Cabai juga mengandung karotenoid, antioksidan, lutein, asam sinapic, dan asam ferulic yang dapat mencegah berbagai penyakit kronis seperti kanker. Selain itu, cabai memberikan manfaat lain untuk kesehatan dan kecantikan seperti berikut.
20 Manfaat Cabai untuk Kesehatan dan Kecantikan Menyeluruh :
Cabai memiliki rasa pedas cukup kuat. Rasa pedas tersebut berasal dari zat alkaloid aktif yang disebut capsaicin. Namun rasa pedas pada sayuran ini bervariasi tergantung pada jenis dan kondisi pertumbuhannya.
Bagi yang gemar mengonsumsi makanan pedas, Anda perlu mengetahui segudang manfaat tersembunyi dari cabai seperti berikut ini:
1. Membunuh sel kanker
2. Melancarkan pencernaan
3. Meningkatkan kinerja otak
4. Menghilangkan stres
5. Mencegah obesitas dan membantu menurunkan berat badan
6. Membantu pembentukan sel darah merah
7. Bersifat antiradang
8. Mengobati panas dalam, terutama sariawan
9. Mengatasi hidung tersumbat akibat flu atau pilek
10. Memelihara kesehatan mata
11. Mengurangi pusing, migrain, atau sakit kepala
12. Mencegah bau napas
13. Menjaga kesehatan jantung
14. Meredakan nyeri sendi
15. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
16. Mengatasi Psoriasis atau gatal dan bercak pada kulit
17. Mencegah infeksi jamur
18. Bantu detoks racun
19. Mencegah penuaan dini dan bikin awet muda
20. Menjaga kesehatan dan kekuatan rambut
Efek Samping Terlalu Banyak Makan Cabai
– Diare
Cabai memang bisa melancarkan sistem pencernaan. Namun, jika terlalu banyak mengonsumsi cabai dapat menyebabkan diare atau buah air besar (BAB) terus-menerus. Terlalu banyak makan pedas akan membuat Anda mengalami sakit perut, sensasi terbakar di usus, kram, dan diare. Sebagai solusinya, Anda bisa mengonsumsi cabai sesuai dengan kemampuan perut Anda.
– Menambah Berat Badan
Cabai bisa membantu menurunkan berat badan dengan membantu melancarkan sistem pencernaan untuk membantu mendorong sisa makanan supaya tidak terlalu lama ditimbun dalam tubuh. Namun kecanduan mengonsumsi makanan pedas justru bisa menambah nafsu makan dan menyababkan berat badan terus bertambah.
– Usus Buntu
Penyakit usus buntu atau apendisitis merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan peradangan pada usus buntu. Sebagian besar pasien yang mengalami penyakit ini harus segera ditangani medis. Jika tidak, maka usus buntu akan pecah dan memperparah infeksi, serta dapat mengancam nyawa.
Usus buntu bisa disebabkan oleh faktor makanan. Beberapa pengidap usus buntu harus dilarikan ke rumah sakit akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan radang usus buntu, seperti makanan pedas.
Cita rasa pedas pada cabai memang banyak disukai oleh sebagian besar orang. Selain melancarkan pencernaan, ekstrak cabai dipercaya mampu mengatasi stres. Namun jika terlalu banyak dan sering mengonsumsinya, justru bisa membahayakan usus dan membuatnya meradang.
Sumber: Health Line, Medical News Today.(Redaksi : INDEKS)

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.
BACA JUGA  Sambutan Wagub Sultra Drs.H.Lukman Abunawas,SH.,M.Si

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *