oleh

Waketum Kwarnas Pramuka RI Membuka Perkemahan Tanggap Bencana Konut

 
KONUT_INDEKS.CO.ID
Prof. DR. Jana Tjahjana Anggadiredja mewakil Ketua Kwarnas Pramuka RI Budi Waseso membuka secara resmi perkemahan tanggap darurat yang di gelar di Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di Desa Taipa Kecamatan Sawa, Jum,at (13/3/2020).

Bupati Konut,DR Ruksamin saat memberikan sambutan pada pembukaan Pramuka Tanggap Bencana Konut (Doc Abdul Haris/Red**).

Perkemahan yang diikuti sebanyak 8.695 peserta terdiri dari para kepala sekolah, para kepala desa, dan Lurah para camat, tenaga kesehatan, pengurus Kwarcab gerakan Pramuka Konawe Utara, satuan karya Pramuka, Palang Merah Indonesia, Organisasi perangkat daerah (OPD), Anggota PKK, Karang Taruna serta Dharma Wanita tingkat Kabupaten Konawe Utara di tandai dengan pemukulan gong oleh Wakil ketua Umum Kwarnas Pramuka RI Prof. DR. Jana Tjahjana Anggadiredja di damping Bupati Konut DR Ruskamin, Ketua Kwarnas Pramuka Sultra Irwan Laliasa, Kepala BPBD dan lainnya.
Bupati Konut Ruksamin mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan di Kabupaten Konawe Utara, dikarenakan mengingat Konut mempunyai tingkat resiko tinggi terhadap bencana banjir dan longsor.
“Kejadian bencana banjir yang terjadi tahun 2019 lalu berdampak pada 7 kecamatan dan 41 desa, menyebabkan warga mengungsi sebanyak 2.502 KK dan 9.609 jiwa,”kata Bupati Konut H.Ruksamin.
Menurutnya, rumah warga yang terseret arus sebanyak 370 unit, rumah terendam 1.960 unit, SD 10 unit, SMP 3 unit, SMA1 unit dan TK 17 unit serta beberapa fasilitas umum lainnya yang mengalami kerusakan,jelasnya.
Sehingga dengan adanya kejadian bencana beberapa waktu lalu pemerintah Kabupaten Konawe Utara menyadari akan ancaman tersebut dan sesuai arahan dari Bapak Presiden RI, Joko Widodo pada Rakernas penanggulangan bencana 2020 di Bogor, maka salah satu yang dilaksanakan adalah dengan menggelar perkemahan Pramuka tanggap bencana,ucap Mantan Ketua DPRD Konut ini.
“Kegiatan ini didukung oleh Badan Nasional penanggulangan Bencana Nasional, Gerakan Pramuka, BPBD Sultra baik dalam penyajian materi, maupun dalam pelaksanaan teknis kegiatan,”ungkapnya.
Ketua DPW PBB Sultra itu mengaku, kegiatan ini dikemas dalam bentuk perkemahan, kegiatan yang cukup efektif dan tidak membutuhkan biaya besar karena untuk menggerakkan dan memfasilitasi peserta 8.695 orang cukup menggunakan metode kepramukaan.
“Bupati Konut berharap, semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta dapat mencapai tujuan dan hasil yang diharapkan bersama.
“Semoga apa yang dilaksanakan dapat membawa dampak baik, khususnya bagi masyarakat Konut,”katanya.
Dikatakannya bahwa dengan kerjasama yang baik dari semua pihak, semua permasalahan dapat teratasi dan inilah bentuk keseriusan dan kepedulian pemerintah Konut yang memandang bahwa sosialisasi tentang penanggulangan bencana adalah hal yang sangat penting untuk dilaksanakan,terang Ruksamin.
“Kita semua berharap dari kegiatan ini, seluruh peserta dan masyarakat umum lainnya dapat melakukan penanganan jika terjadi bencana di bumi oheo Konawe Utara,”tandasnya.
Untuk didiketahui acara tersebut turut hadir Staf ahli bidang kemasyarakatan dan Sumber daya manusia Setda Prov Sultra Ir. Burhanuddin, Kapolres Konut AKBP Achmat Fatul Ulum, Ketua DPRD Konut Ikbar, Para Kepala OPD dan masyarakat se Kabupaten Konawe Utara.
Laporan : Abdul Haris
Editor/Publizher : Redaksi
Andi Jumawi
Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.
BACA JUGA  Danrem 143/HO Dampingi Asisten Operasi KASAD Cek Kesiapan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 725/Woroagi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *