Kades Tidak Transparan, Warga Desa Pakembaran Geruduk Kantor Desa

www.indeks.co.id_Pemalang Jawa-Tengah Kamis (16/Januari 2020) Sekitar 150 warga Pakembaran berbondong-bondong geruduk Kantor Balai Desa Pakembaran untuk  Demonstrasi tuntut Kepala Desa Mudur dari jabatannya.

WargaDesa Pakembaran Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang yang selama ini  sudah merasa bahwa Pemdes Desa Pakembaran sudah tidak transparan dalam melaksakan Pembangunan yang memakai Dana Desa (DD) sehingga warga masryarakat setempat lakukan demo.

Melaluiperwakilan 9 orang yang dikoordinatori oleh Sumadi di Aula Kantor Balai Desa Pakembaran warga desak Kepala Desa agar mundur dari jabatanya.Hal itu sontak mengundang perhatian publik.Atas dugaan tentang Dana Desa (DD)Tahun Anggaran 2019 yang diduga diselewengkan oleh Kepala Desa Pakembaran H.Makhfud diantaranya dana untuk pengadaan mobil kesehatan siaga dan pengaspalan serta RTLH yang tidak direalisasikan.

Kini warga menuntut keras Kepala Desa harus mengundurkan dari jabatanya.Namun demikian tidak mudah apa yang disampaikan oleh pihak pendemo.warga yang dimintai wawancara oleh awak media ditempat demo yang namanya enggan disebutkan.,”Saya sebagai warga Pakembaran sangat menginginkan Kepala Desa mundur dari jabatanya,terangnya.karena sudah tidak transparan kepada masyarakatnya dalam melaksanakan tugasnya atas tanggung jawab dan pengguna anggaran Dana Desa (DD),tambahnya.Sumadi selaku perwakilan yang dipercaya oleh warga setempat dalam menyampaikan aspirasinya,”Pemdes Tentang dugaan penyelewengan Dana Desa Tahun Anggaran 2019 yang belum direalisikan pada masing masing pos kegiatan.

“Saya selaku perwakilan dari warga Pakemabaran setempat,sudah bekali kali menyampaikan kepada pemerintahan desa,apa yang menjadi tuntutan warga sayogyanya harus diselesaikan secara baik baik,”ungkapnya.

Namun demikian hingga sampai hari ini ditahun 2020 apa yang menjadi tuntutan warga belum bisa dipertanggung jawabkan oleh kepala desa” paparnya

Sehingga warga berih keras menuntut kepala desa harus mundur dari jabatanya.Warga akan mengambil jalur hukum apabila dalam aksi demo tidak ada tanggapan atau respon yang serius dari Instansi terkait dan pihak berwenang”pungkasnya

Dalam demo tersebut dari unsur TNI/Polri Polres Pemalang siap siaga melaksanakan tugasnya dalam pengamanan aksi demo warga.Sementara Dugaan pennyelengan Dana Desa (DD) Desa Pakembaran kini masih dalam penanganan pihak Aparat Kepolisian Polres Pemalang.
Dalam aksi demo tersebut tidak ada tindakan anarkis atau tindakan fisik yang dilakukan pendemo.semua berjalan kondusif tanpa ada tindakan kekerasan.Berkat tugas Aparat Kepolisian Polres Pemalang dan TNI yang sudah mengerahkan anggotanya.

Sementara demo dibubarkan oleh pihak muspika sembari menunggu proses selanjutnya.Walaupun aksi demo belum ada hasil keputusan,warga akhirnya meninggalkan Aula Kantor Balai Desa Pakembaran.Dan pulang kerumah masing masing. (Budi/Arif prihatin )
Redaksi : Andi Jumawi

indeks

Read Previous

Apel Polres Gowa, Siap Salurkan Ratusan Al-Quran dan Alkitab

Read Next

Puluhan Awak Media Kecam Kekerasan Terhadap Wartawan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *