DAERAHKolaka UtaraPOLDA SULTRAPolres Kolaka Utara

Kapolda Sultra Diwakili Kabid Humas Bersama Kapolres Kolut dan Forkopimda Hadiri Deklarasi Pilkada Damai 2024

38
×

Kapolda Sultra Diwakili Kabid Humas Bersama Kapolres Kolut dan Forkopimda Hadiri Deklarasi Pilkada Damai 2024

Sebarkan artikel ini
Listen to this article

KOLUT, indeks.co.id – Kapolda Sultra Irjen Pol Dwi Irianto, S.I.K.,M.Si yang diwakili oleh Kabid Humas Kombes Pol Iis Kristian, S.I.K di dampingi Kapolres Kolaka Utara AKBP Arif Irawan, S.H.,S.I.K.,M.H,  menghadiri kegiatan Deklarasi Pemilukada  Damai Tahun 2024 yang dilaksanakan di Islamic Center, Desa Ponggiha, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, Selasa (24/09/2024).

Kegiatan ini digelar,  tujuan untuk menggalang komitmen bersama dalam menjalankan serta mensukseskan Pilkada serentak tahun 2024 yang umum, bebas, rahasia jujur dan adil, aman, tertib, dan damai.

Dalam kegiatan Deklarasi Pilkada Damai tersebut juga di hadiri Sekda Kabupaten Kolut Dr. Taufiq, SP.,MP, Wadir Resnarkoba Polda Sultra AKBP Debby Asri Nugroho, S.H.,S.I.K, Kajari Kolut Mirza Erwinsyah, S.H.,M.H, Danyo Brimob Batalyon C Totallang Bahtiar, S.Sos, Para PJU dan Kapolsek jajaran Polres Kolut dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kolut H. Alimudin, S.Ag.,M.H serta Unsur dari TNI.

Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini juga diikuti  oleh Ketua Bawaslu Kolut Rusdi, S.IP, Ketua KPU kolut, Para Camat, Lurah, Kepala Desa Se-kabupaten Kolaka Utara, Pasangan Cabup dan Cawabup nomor urut 1.2.3, Para Kepala OPD, Ketua KIPP Irwan Jamal, S.E, Ormas Keagamaan, Lembaga Mahasiswa, Ketua Kerukunan/Paguyuban di Kabupaten Kolut, Tomas, Toga, Todat dan Tokoh Perempuan, berikut para awak media.

Ketua KPU Kolaka Utara, dalam sambutannya menyampaikan. Bahwa tujuan dari Deklarasi Pilkada Damai ini, adalah untuk berkomitmen bersama-sama mewujudkan Pesta Demokrasi yang aman dan damai di wilayah Kabupaten Kolaka Utara.

” Kami dari KPU Kolut bersama jajaran tingkat PPS dan PPK telah melaksanakan tugasnya masing-masing, Alhamdulilah semua berjalan lancar berkat kerjasama dari semua pihak “, ujarnya.

BACA JUGA  Menjaga Stabilitas Keamanan Danramil Persiapan Sorong Utara Laksanakan Komunikasi Sosial

Dikatakan juga oleh Ketua KPU Kolut. Pada tahapan proses pencalonan Cabup dan Cawabup, semunya berjalan lancar tanpa ada kendala.

” Diharapkan seluruh masyarakat di Kabupaten Kolaka Utara untuk membantu KPU Kolut, sehingga Pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Kolut nantinya dapat berjalan aman dan sukses sesuai dengan harapan kita semua”, pungkasnya.

Kapolda Sultra Irjen Pol Dwi Irianto, S.I.K.,M.Si dalam Sambutannya yang dibacakan oleh Kabid Humas Kombes Pol Iis Kristian, S.I.K, mengungkapkan. Pemilihan kepala daerah merupakan momentum penting bagi proses demokrasi, tidak hanya sekedar ajang kompetisi politik, tetapi merupakan manifestasi dari kepercayaan rakyat dalam memilih pemimpin yang akan memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat.

Karena itu, sebagai elemen yang terlibat dalam Pilkada, kita semua memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa seluruh tahapan pilkada berlangsung aman, tertib, dan damai.

Melalui kata sambutan nya, Kapolda Sultra juga menegaskan. Bahwa pelaksanaan Deklarasi  damai pilkada serentak yang diselenggarakan hari ini bukan hanya sebuah acara seremoni, tetapi merupakan komitmen bersama dari semua pihak yang terlibat, baik itu penyelenggara Pemilu, aparat keamanan, para pasangan calon, partai politik, hingga masyarakat, memiliki tanggung jawab untuk menjaga suasana kondusif selama Masa kampanye hingga pelaksanaan pemungutan suara nanti.

” Saya, selaku Kapolda Sultra, mengajak semua pasangan calon, tim kampanye, dan para pendukung paslon untuk senantiasa mengedepankan etika. Politik yang baik, menjunjung tinggi semangat persatuan, dan tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum, apalagi melakukan upaya provokasi yang dapat memicu konflik dan perpecahan di tengah masyarakat yang tentunya akan merugikan kita semua “, pesan Kapolda Sultra Irjen Pol Dwi Irianto, yang disampaikan Kabid Humas Kombes Pol Iis Kristian.

BACA JUGA  Gubernur Sultra, Apresiasi Luar Biasa Pelaksanaan HUT TNI di KOREM 143/HO

Jenderal Bintang dua dipundak itu juga mengatakan, mari kita jadikan momentum Pilkada ini sebagai kepercayaan masyarakat, bukan sebagai medan perpecahan, dan  senantiasa bijak dalam menyikapi setiap situasi.

Untuk seluruh masyarakat, saya berpesan agar tidak mudah terpancing oleh berita informasi Bohong atau hoaks yang dapat memecah belah persatuan .

Jika ditemukan. laporkan kepada pihak berwenang, sehingga kita dapat bersama-sama menemukan informasi. Yang jelas, dan untuk  menangkal semua potensi gangguan yang ada, kami bersama dengan unsur TNI dan Stakeholder terkait siap mengawal dan mengamankan seluruh tahapan Pilkada ini.

Ditegaskan juga oleh Kapolda Sultra. Bahwa Polda Sultra dan Jajaran dengan tegas berkomitmen menjaga netralitas Polri dalam pelaksanaan pengamanan pilkada serentak tahun 2024. Karena itu, jika terdapat pelanggaran personil,  akan kami proses sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Sejalan dengan itu, untuk menjamin situasi kamtibmas selama berlangsungnya tahapan Pilkada, Polda Sultra dan Polres jajaran melakukan upaya peningkatan kegiatan operasional, termasuk diantaranya menggelar Operasi Mantap Praja Anoa 2024 dalam rangka pengamanan tahapan pilkada serentak tahun 2024 yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif, dan penegakan hukum.

Disampaikan oleh Kapolda Sultra. Bahwa pihaknya mengimbau kepada semua pihak untuk dapat  bersama-sama menjaga keutuhan dan kesatuan. Dirinya optimis bahwa Sultra dapat menjadi contoh bagi Daerah lain di Indonesia sebagai Daerah yang aman, damai, kondusif, serta matang dalam berdemokrasi.

” Harapan kita, semoga Pilkada serentak tahun 2024 di Wilayah Provinsi Sultra dapat berjalan dengan aman, damai, dan sukses. Serta saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dan berkontribusi dalam mendukung terpeliharanya situasi kamtibmas di Sultra. Semoga Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan perlindungan dan kemudahan bagi kita semua dalam menjalankan amanah masyarakat, bangsa, dan Negara “, tutup Kabid Humas Polda Sultra Kombes Pol Iis Kristian membacakan sambutan Kapolda Sultra.

BACA JUGA  Kunker di Kodim 1408/Makassar, Pangdam Hasanuddin Tegaskan ini

Untuk diketahui, Adapun Isi Deklarasi Pilkada Damai yang dipimpin oleh Kabid Humas Polda Sultra Kombes Pol Iis Kristian yaitu :

Kami Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati, Partai Politik Pengusul, Beserta Tim Kampanye dan Para Pendukung, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kemahasiswaan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Perempuan berjanji :

1. Mewujudkan Pemilihan yang Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia Jujur dan Adil.

2. Melaksanakan Kampanye Pemilihan yang aman, tertib dan damai, Berintegritas tanpa Hoak, Tanpa Politisasi sara dan tanpa Politik Uang.

3. Melaksanakan Kampanye Pemilihan berdasarkan Peraturan dan Perundang-Undangan yang berlaku.

4. Mendorong Netralitas TNI-Polri dan Aparatur Sipil Negara lainnya untuk menjaga Stabilitas Politik pada Momentum Pilkada Damai 2024.

5. Mendukung Penegakan Hukum demi terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat (hy/af/man).

Redaksi/Publizher ; Andi Jumawi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DILARANG MENCOPY/PLAGIAT DAPAT DI PIDANA

error: Content is protected !!