oleh

Komitmen PT. BKM Terbukti, Transplantasi Terumbu Karang Taman Wisata Alam Teluk Lasolo

KONUT, indeks.co.id — PT Bumi Konawe Minerina (BKM) menunjukkan komitmen nyata terhadap lingkungan dengan melaksanakan kegiatan sinergi program transplantasi terumbu karang di Taman Wisata Alam Teluk Lasolo pada Jum’at, 29 Maret 2024. Bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sulawesi Tenggara, program ini dilakukan di Desa Labengki dengan menggunakan metode Spider Mars sebanyak 100 Unit Rangka Spider Mars.

Program transplantasi terumbu karang bertujuan untuk melindungi dan menjaga keberlanjutan ekosistem terumbu karang. Juga, mendukung target Sustainable Development Goal dalam isu-isu terkait ekosistem laut. Serta menjaga Taman Wisata Alam Teluk Lasolo, yang merupakan kawasan konservasi dengan gugusan pulau-pulau yang indah dan didukung dengan objek wisata bawah laut dan terumbu karang yang berwarna-warni dengan ribuan ikan serta beraneka ragam biota laut.

Taman Wisata Alam Teluk Lasolo memiliki peran penting dalam menjaga siklus karbon dan mengendalikan pemanasan global dengan terumbu karang serta biota lautnya, dan sering disebut sebut sebagai miniatur Raja Ampat. Hanya saja, masih ada oknum tidak bertanggung jawab yang melakukan tindakan illegal fishing seperti pemboman ikan dan bius ikan yang menyebabkan rusaknya terumbu karang di Teluk Lasolo.

Proses recovery secara alami membutuhkan waktu yang lama sehingga dibutuhkan intervensi pengelolaan kawasan yang baik agar fungsi ekosistem yang indah dan unik kembali seperti sedia kala. Salah satunya adalah dengan transplantasi terumbu karang. Pihak BKSDA mengucapkan terima kasih kepada PT. Bumi Konawe Minerina atas kepedulian dan andil nyata ikut melestarikan kawasan konservasi di Sulawesi Tenggara khususnya TWA Teluk Lasolo melalui program ini.

Kegiatan ini merupakan program kerjasama PT. Bumi Konawe Minerina dengan BKSDA Provinsi Sulawesi Tenggara, yang merupakan komitmen bersama yang sudah tertuang dalam Perjanjian Kerja Bersama antara PT. Bumi Konawe Minerina dengan BKSDA Sultra. Tidak hanya itu, program ini juga sebagai bentuk kepedulian PT. Bumi Konawe Minerina terhadap peningkatan penghidupan berkelanjutan biota laut dan berkomitmen sepenuhnya untuk memfasilitasi dan mendukung penyelamatan terumbu karang laut di Teluk Lasolo bersama para pemangku kepentingan.

BACA JUGA  Tak Butuh Waktu Lama, Pangdam XIV/HSN Respon Cepat dan Beri Bantuan Air Bersih Kepada Warga

Eko Setyawan Sidiq, Kepala Teknik Tambang PT. Bumi Konawe Minerina menyampaikan terima kasih kepada BKSDA Sulawesi Tenggara atas kerja sama yang terjalin dan berharap kerja sama ini dapat terjalin dengan baik serta memberikan manfaat untuk masyarakat di Kabupaten Konawe Utara. Program perdana ini akan terus dilanjutkan setiap tahunnya sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan laut dan di wilayah pesisir TWAL Konawe Utara.

Misbah salah tokoh Pemuda Konawe Utara kepada indeks.co.id mengatakan, apa yang dilakukan oleh PT. BKM adalah bentuk pembuktian Komitmen dari perusahaan tambang nikel tersebut. Sehingga hal ini patut untuk kita apresiasi, ucap Misbah, Sabtu.

“Selaku masyarakat Konawe Utara, tentunya kami sangat salut dan apresiasi apa yang dilakukan oleh pihak PT. BKM dalam hal ini Transpalantasi terumbu karang di Taman Wisata Alam Teluk Lasolo, Konawe Utara,” Kata Misbah. Ia berharap semoga hal ini di ikuti pula oleh para penambang lainnya yang ada di daerah ini, harapnya.(NN/IE/Adv)

Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *