oleh

Ketua Kamar Agama RI Pimpin Delegasi Indonesia dalam Persidangan dan Perundangan Syariah Nusantara di Kuala Lumpur

INDEKS.CO.ID, KUALA LUMPUR, 20/9/2023 —Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia (RI) pimpin delegasi Indonesia dalam acara Persidangan Kehakiman dan Perundangan Syariah Nusantara 2023 yang berlangsung sejak 18-20 September 2023 di Hotel Pacific Regency, Kuala Lumpur, Malaysia.

Acara tersebut diikuti 65 peserta yang terdiri atas para ketua dan hakim mahkamah syariah/syar’iyah dari negara-negara serumpun, meliputi Malaysia, Indonesia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Acara yang membahas kepentingan bersama terkait penegakan syariat Islam ini
diselenggarakan oleh Jabatan Kehakiman Syariah Malaysia (JKSM) selaku tuan rumah.

Agenda Persidangan dan Perundangan Syariah Nusantara ini berupa acara persidangan kehakiman dan perundangan syariah Nusantara yang pernah digagas secara bersama oleh almarhum Prof. Dr. H. Abdul Manan, S.H., S.IP., M.Hum., (Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia periode 2014-2017).

Acara di Kuala Lumpur ini merupakan kelanjutan dari dua kegiatan serupa yang pernah dilaksanakan pada 11 November 2016 dan 28 September 2020.

“Sekarang adalah kelanjutannya yang kita laksanakan pada 18-29 September 2023 di Kuala Lumpur,” ujar Yang Amat Arif Dato’ Haji Mohd Amran bin Mat Zain selaku Ketua Hakim Sya’rie/Ketua Pengarah JKSM.

Dalam acara ini, delegasi Indonesia diwakili oleh enam peserta. Mereka adalah YM. Prof. Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M., (Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI) sekaligus pimpinan delegasi, YM. Bambang Hery Mulyono, S.H., M.H., (Plt. Dirjen Badilag Mahkamah Agung RI), dan Dr. Mardi Candra, S.Ag., M.Ag, (Asisten Koordinator Kamar Agama Mahkamah Agung RI).

Selain itu, Dr. Muhmmad Redha Valevi (Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho), Zikri, S.H.I., M.H. (Ketua Mahkamah Syar’iyah Kualasimpang), dan Dra. Rosmawardani, S.H., M.H., (Sekretaris Lembaga Peduli Syariat Islam/Lepadsi Aceh).

BACA JUGA  Perwakilan Kemhan RI Sampaikan Keynote Speech dalam ARF DOD 2023 di Dili Timor-Leste

Acara Persidangan Kehakiman dan Perundangan Syariah Nusantara 2023 turut diberikan ucapan peresmian (dibuka) oleh Yang Berhormat Senator Dato’ Setia Dr Mohd Na’im bin Haji Mokhtar Menteri Di Jabatan Perdana Menteri (Hak Ehwal Agama).

Mahkamah Rayuan merupakan sebutan lain untuk Mahkamah Agung di Malaysia dan pada kegiatan tersebut setiap perwakilan negara memaparkan pandangan dan paradigma perkembangan hukum dan undang-undang di negaranya masing-masing, lalu dilanjutkan dengan diskusi yang serius dan hangat, penuh kekeluargaan.

Rangkaian acara tersebut juga diisi dengan jamuan makan malam bagi seluruh peserta di Puncak Kuala Lumpur Tower Malaysia yang memiliki ketinggian 421 meter dan menjadi bangunan tertinggi ketujuh di dunia.

Sementara itu, dalam gala dinner di Sky Deck & Sky Box, pihak panitia turut memutar lagu Ramadhan yang dinyanyikan oleh Prof. Prof. Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum, yang diakses dari Youtube.

Lantunan suaranya membuat peserta terhibur saat bersantap malam sambil berdiskusi informal di meja makan.

Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan tayangan Montaj Khas JKSM dan ucapan alu-aluan dari Yang Amat Arif Dato’ Haki Mohd Amran bin Mat Zain, Ketua Hakim Sya’rie/Ketua Pengarah JKSM.

Kemeriahan dan keakraban terasa semakin kental dengan adanya momen saling menyerahkan  cendera mata antara Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI, YM. Prof. Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum dengan  Yang Amat Arif Dato’ Haji Mohd Amran bin Mat Zain Ketua Hakim Sya’rie/Ketua Pengarah JKSM.(NN)

Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *