oleh

Pemberdayaan Masyarakat, Kades Wawonggole Salurkan Bantuan Pupuk Biotani

KONAWE, indeks.co.id _ Program pemerintah Pusat yang di kenal dengan nama Ketahanan Pangan terus di galakkan di daerah salah satunya di Desa Wawonggole Kecamatan Wonggeduku, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal ini di sampaikan oleh Kades Wawonggole, Jupran,S.Si, Jum’at 7April 2023.

“Untuk mewujudkan program pemerintah tentang ketahanan pangan, kami pemerintah desa Wawonggole menyerahkan bantuan pupuk Biotani kepada delapan kelompok tani,”kata Jupran.

Ini adalah upaya kita dalam mendukung program pemerintah pusat, sehingga dana sekitar Rp31 juta atau 20 persen dari Dana Desa disalurkan untuk pemberdayaan masyarakat, jelasnya.

Lanjut Jupran, hari ini kita telah menyalurkan bantuan pupuk non subsidi jenis Biotani yang di beli dari distriubutor dan dibagikan secara gratis sebanyak 8 Kelompok  Tani yang tersebar di desa Wawonggole dan diberikan sesuai luas  areal sawah yang dimiliki petani,ungkapnya.

Ditegaskannya, bahwa total anggaran yang dikucurkan dalam pembelian pupuk organik ini sebesar Rp.± 31.000,000.,- anggaran penyaluran pupuk non subsidi ini berasal dari Dana Desa (DD) dalam bidang pemberdayaan masyarakat.

“ Dana desa yang kami kucurkan untuk ketahanan pangan desa Wawonggole sebesar kurang lebih tiga puluh satu juta hal ini berdasarkan pagu yang ada” ujarnya.

Dengan pengadaan bantuan pupuk organik ini diharapkan bisa meningkatkan hasil panen para petani dengan tujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi akibat adanya pandemi covid-19 kemarin dan memang sudah dialokasikan 20%,urainya.

Terakhir ia katakan, Kita berharap supaya masyarakat memanfaatkannya mempercepat pemulihan ekonomi akibat covid kemarin dan memang pemerinah desa sudah mengalokasikan dua puluh persen untuk ketahanan angan ini,tutup Jupran.

Salah seorang warga tani atas yang sempat ditemui atas nama Muhamadiya membenarkan adanya penyaluran pupuk non subsidi ini dan menyampaikan terima kasih atas pemberian secara gratis oleh pemerintah desa Wawonggole.

“Alhamdulilah,adanya bantuan ini,bantuan pupuk Biotani ini,terima kasih kepada pemerintah yang telah menyalurkan bantuan karena telah membantu meringankan beban pengolahan sawah kami”katanya.

Untuk di ketahui, Ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dari jumlah maupun mutunya, aman, merata, dan terjangkau. Hal ini di jelaskan dalam UU No. 18/2012 tentang Pangan.

Laporan : Jumail
Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.
BACA JUGA  Kodim 1422/Maros Gelar Coffee Morning Bersama Media, Begini Arahan Dandim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *