oleh

Kedatangan Da’i TNI – POLRI di Masjid Jami Taqwa Desa Jampu Soppeng Disambut hangat Kepala Desa dan Tokoh Agama Bersama Masyarakat

Indonesia Ekspress _ INDEKS.CO.ID | SOPPENG — Memasuki malam ke – 21 Ramadhan 1443 H/2022 M Safari Ramadhan yang dilakukan oleh TNI – POLRI, Kapten Inf Irfan Nasir dari Kodim 1423 Soppeng bersama Iptu Asep Sibli,Sm.,Hk dari Polres Soppeng di Masjid Jami Taqwa Desa Jampu Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) disambut dengan antusias oleh Masyarakat setempat dipimpin langsung oleh Nurhafsah,S.Sos.,MM Kepala Desa Jampu bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta Para Tokoh Agama dan masyarakat jama’ah Mesjid Jami Taqwa, Jum’at 22 April 2022.

Foto : Kapten Inf Irfan Nasir dan Iptu Asep Sibli berpelukan tanda sinergitas kedua Aparat Negara yang menunjukkan keakraban keduanya dalam mengembang amanah dari Negara (Ist)

Selesai melaksanakan Sholat Isya secara berjama’ah dipimpin Imam Kapten Inf Irfan Nasir, acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Pengurus Masjid Jami Taqwa menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan kedua Da’i dari TNI-POLRI, Kodim 1423 dan Polres Soppeng dalam rangkaian kegiatan Safari Ramadhan Sinergitas 1443 H/2022 M.

Acara dilanjutkan dengan Ceramah Kamtibmas dan Moderasi beragama oleh Iptu Asep Sibli Sm. Hk. Dalam ceramahnya Iptu Asep Sibli menyampaikan pesan Kamtibmas kepada lapisan masyarakat Desa Jampu, mengajak semua masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas daerah ini terlebih lagi didalam bulan suci Ramadhan ini, ucapnya.

“Desa Jampu adalah salah satu desa Tangguh di Kab. Soppeng, inovasi dan usaha Pemdes dan jajarannya serta warga masyarakatnya cukup baik dan tangguh serta Sinergi 3 pilarnya sangat baik,”kata Iptu Asep Sibli.

Iptu Asep Sibli,SM.,HK saat menyampaikan ceramah Kamtibmas dan Moderasi Beragama di Masjid Jami Taqwa Desa Jampu, Jum’at Malam Ke-21 Ramadhan 1443 H/2022 M.(Ist)

Dikatakannya bahwa pencapaian vaksinasinya cukup baik, semoga hal-hal baik tersebut dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan, harap Iptu Asep Sibli.

BACA JUGA  Wakili Pangdam, Pamen Ahli Bid. Ekonomi Pangdam XIV/Hsn Hadiri Pembukaan Gerakan Pangan Murah : Bukti Serius Tangani Inflasi di Sulsel

Lebih dalam ia mengatakan bahwa,Kami POLRI-TNI dan para penyuluh agama, Insya Allah siap hadir ditengah masyarakat dalam membantu pembinaan keagamaan,ucapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Uraian Hikmah Ramadhan oleh Kapten Inf Irfan Nasir, dalam uraiannya Kapten Inf Irfan Nasir mengungkapkan bahwa Puasa Ramadhan bertujuan untuk melatih kita agar kedepannya kita bisa menjadi insan yang lebih baik dan lebih bertaqwa,ucapnya.

Pelukan hangat Kapten Irfan kepada Tokoh Agama Desa Jampu saat penyerahan Al_Qur’an.(Ist)

“Perbaiki kualitas Shalat Fardu dan amaliah Ramadhan lainnya, perbaiki dan tingkatkan persatuan dan kesatuan serta persaudaraan antar sesama muslim dan yang lainnya serta perbaiki, pererat silaturrahmi,”kata Kapten Inf Irfan Nasir.

Seperti apa yang terkandung dalam ayat yang dibacakannya :
إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
“Sesungguhnya orang beriman adalah bersaudara, maka damailah antara sesamamu dan takutlah kepada Allah agar kamu sekalian menjadi orang dirahmati Allah.

اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا

“Seorang Mukmin dengan Mukmin lainnya seperti satu bangunan,
sebagiannya menguatkan sebagian yang lain”.
_(HR. Bukhari dan Muslim)_

Lanjut Kapten Inf Irfan Nasir, mengatakan, Puasa mengajarkan kita agar lebih dermawan, ringan tangan dalam membantu kesulitan sesama dan lebih mengedepankan kepentingan bersama ketimbang kepentingan diri pribadi, ucapnya.

Lebih jauh dia mengajak para jama’ah dan masyarakat, “Manfaatkan waktu sisa Ramadhan dengan berlatih memanage (Mengendalikan_red*) emosi, memperbaiki komunikasi dan silaturrahmi agar lingkungan kita semua aman nyaman dan penuh kekeluargaan, biasakan untuk selalu belajar meminta dan menerima maaf, karena Allah maha Pemaaf,ujarnya.

Iapun mengungkapkan sebuah kalimat dalam bahasa Inggeris yang bunyinya seperti berikut ini :
_It is nice to be important, but more important tobe nice_
“Adalah baik menjadi orang penting, tapi jauh lebih penting untuk selalu berusaha menjadi orang baik”, demikian artinya.

BACA JUGA  Pemkab Soppeng Sosialisasikan Loker, Bagi Warga Soppeng Yang Butuh Pekerjaan Baca Berita Ini

Diakhir uraian sang Kapten berharap agar apa yang kita lakukan selama bulan Ramadhan ini bernilai Ibadah dan semoga Allah SWT meridhoi, merahmati dan memberikan kita kesempatan untuk ketemu kembali dengan Ramadhan tahun mendatang(diamaiini jamaah)

Imam Masjid dan Jama’ah serta masyarakat Desa Jampu sangat berharap kedatangan kembali keduanya untuk mengisi ceramah atau Khutbah Jum’at kapanpun ada waktu keduanya.

Penyerahan bantuan Al_Qur’an oleh Kapten Inf Irfan Nasir untuk Remaja Masjid yang sedang melakukan kegiatan belajar Al_qur’an.(Ist)

Selesai melaksanakan Sholat Sunat Tarawih secara berjama’ah dilanjutkan dengan kegiatan penyerahan bantuan Al_Qur’an untuk remaja mesjid yang sedang belajar Al_Qur’an dari SAHABAT ALQURAN yang diserahkan oleh Kapten Inf Irfan Nasir kepada pengurus Mesjid setempat.

Redaksi/Publizher : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *