oleh

Keni Yuga Permana, Desa Lahotutu menunjukkan Potret Ideal Sebuah Desa

Konawe- Sultra.indeks.co.id, Kamis,27 Mei 20201-Pemerintah kabupaten Konawe tahun 2021 melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) sedang gencar-gencarnya melaksanakan Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.Hal ini diungkapkan oleh Keni Yuga Permana,STP.,M.AP Kepala DPMD Kabupaten Konawe,Kamis 27 Mei 2021.

“Hal tersebut sesuai dengan dengan Permendagri No.81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Keluarahan,”kata Keni Yuga,saat ditemui disela kegiatan evaluasi pemerintah Desa Lahotutu, Kamis hari ini.

Menurutnya, pelaksanaan evaluasi perkembangan desa memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penyelenggaraan pemerintahan,pembinaan kemasyarakatan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Lanjut dia,evaluasi pemerintahan desa merupakan amanah undang-undang sesuai Permendagri nomor 81/2015 yang bertujuan mengetahui efektivitas penyelenggaraan pemerintahan,pembinaan kemasyarakatan,pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,jelasnya.

Ditanya terkait indikator evaluasi perkembangan desa yang dilaksanakan pemerintah kabupaten Konawe,serta kaitannya dengan kesiapan Desa Lahotutu kecamatan Wonggeduku Barat dalam mengikuti lomba Desa tingkat kabupaten Konawe ini, dikatakannya bahwa dengan adanya lomba desa ini, desa tersebut dikatakan ideal sesuai penyelenggaraan pemerintahan desa sesuai amanah undang- undang nomor 6 berdasarkan laporan kepala desa dengan ketua tim pengerak PKK desa,ucapnya.

Selain itu, tadi sudah dijelaskan dan menunjukan potret ideal sebuah desa,tetapi kita harus buktikan di lapangan apakah laporan kepala desa sesuai kondisi di lapangan, untuk lebih layaknya kita akan turunkan tim evaluasi untuk melihat secara langsung kondisi dilapangan,ujar Keni.

Di kesempatan yang sama, Kepala Desa Lahotutu Umar,ST saat ditemui di tengah kegiatan evaluasi pemerintahan di desanya menyambut gembira saat mendengar statement kepala BPMD kabupaten Konawe yang mengatakan bahwa desanya merupakan salah satu potret ideal sebuah desa.

“Saya menyambut gembira atas respon kepala BPMD kabupaten Konawe, ini menunjukan pemerintahan yang ada itu lebih baik,semua ini berkat dukungan lembaga-lembaga yang ada seperti LPM,BPD,tokoh agama,tokoh adat,tokoh pemuda,dan stakeholder tingkat desa,”kata Umar.

BACA JUGA  Pembangunan Masjid Babul Falah Kelurahan Wolo

Tentunya hal seperti inilah yang kita harapkan bersama dan kalau ini tidak dijalankan bersama maka pembangunan ini tidak akan berjalan secara maksimal seperti yang diharapkan kita semua dan pemerintah daerah kabupaten Konaww,tutup Umar.

Laporan : Jumail
Redaksi : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *