oleh

Balitbang Kemhan Pimpin FGD Combat Swimmer Vehicle dengan menyempurnakan desain CSV buatan Mahasiswa STTAL dan KTBA Kopaska

TNI AL – STTAL Surabaya,(JATIM)_www.indeks.co.id–Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut ( STTAL) laksamana Pertama TNI Ir. Avando Bastari, M. Phil diwakili Kapokdos STTAL menerima kedatangn tim Balitbang Kemhan di Rupat Gd. P. Nipa Kampus STTAL Jl. Bumimoro-Morokrembangan Surabaya. Senin (23/3/2020).

Tim Balitbang Kemhan dipimpin Marsekal Pertama TNI Bambang Wijanarko, SE,  ST, M.Si (Han) jabatan sehari-hari sebagai Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan, memimpin Rapat Forum  Group Discussion (FGD) dihadapan Kapokdos STTAL Kolonel Laut (P) R. Bambang Ispri B, S.T., M.Si. dengan di dampingi Ka. Prodi S1 Teknik Mesin STTAL  Letkol Laut (T) Wawan Kusdiana, S T., M.T.,  Ka.LPPM STTAL  Letkol Laut (E) Richard Martin, S.T., M.T.,   serta Perwira Kopaska Koarmada II, Kasharmat Koarmada II dan tim Balitbang Kemhan.

Pada kegiatan Rapat Forum Group Discussion (FGD) Rancang Bangun Sistem Power dan Sistem Kendali pada Combat Swimmer Vehicle (CSV) TA.2020 yang berlangsung di Kampus STTAL dimaksudkan untuk mengembangkan dan menyempurnakan peralatan KTBA ( kendaraan tempur bawah air ) menjadi Combat Swimmer Vehicle sesuai requirement User dari Kopaska baik dari segi standar operasional prosedur yang nantinya akan digunakan oleh Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut pada saat akan melaksanakan infiltrasi pasukan khusus mendekati sasaran tanpa di ketahui musuh, maupun dari segi keilmuan berupa kajian teknis baik dari segi desain yang lebih hidrodinamis dan ergonomi, bahan material, system power dan propulsi serta system control dari para pakar yang diundang dalam rapat FGD.

Adapun peralatan rancang bangun Combat Swimmer Vehicle (CSV) hasil karya mahasiswa STTAL Prodi S1 Teknik Manajemen Industri angkatan 31, Tahun 2010 sd 2013 atas nama Kapten Laut (P) John David Nalasakti Sondakh yang saat ini alumni mahasiswa STTAL tersebut berpangkat  Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh menduduki jabatan strategis sebagai Komandan KRI Nala-363 Jajaran Satkor Koarmada II Ujung Surabaya.

BACA JUGA  Kecelakaan Karena Jalan Berlubang, Dinas PU Bisa Dituntut

Tujuan dilaksankannya FGD Rancang Bangun Sistem Power dan Sistem Kendali pada Combat Swimmer Vehicle (CSV) diintegrasikan dengan KTBA milik Kopaska TNI AL, dimana untuk  menganalisa model desain sustain ability kendaraan renang rintis (Combat Swimmer Vehicle) dan KTBA  guna meningkatkan kemampuan perenang rintis maupun Kopaska TNI Angkatan Laut dalam melakukan inflitrasi dan surveillance ke daerah teritoris musuh untuk  mengamankan pantai pendarat dalam operasi amphibi dengan  kemampuan membawa logistik terbatas dengan jangkauan jelajah *perenang hingga 3 – 5 km ,kecepatan 5  Knots dengan durasi 60 – 90 menit mode permukaan maupun mode menyelam dengan kecepatan 3 Knot dan diawaki oleh 1 orang pilot yang dapat menarik personel kopaska lainnya.

Dalam kajiannya Balitbang Kemhan melaksanakan dalam 3 tahapan dan baru pada tahapan yang pertama dan kedua  yaitu pembuatan Hull dan Propulsi serta Pembuatan sistem Power dan sistem kendali.

Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut.
Nomer: 18/SB/III/2020/Pen.

Sumber Berita Bagian Penerangan STTAL
Redaksi : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *