oleh

Wartawan Senior Abdurachman Samiun Meninggal Dunia Persatuan Wartawan Indonesia Berduka

MALUT- WWW.indeks.co.id, Innalillahi Wa’inna Ilaihi Rojiun, Kalangan dunia jurnalis Maluku Utara Berduka, demikian juga organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan keluarga besar MANAGEMEN
PT. KORIDOR INDOMEDIA PERSADA karena Seorang wartawan senior, Abdurachman Samiun (49) Pimpinan Redaksi Media Online Nasional KORIDORZINE Jakarta, telah berpulang kerahmatullah dipanggil sang pencipta Allah Subhanahu Wata’ala. Almarhum tercatat sebagai Pendiri Harian Ternate Pos, mantan Pimred Harian Aspirasi dan mantan Pimred Harian Seputar Malut ini meninggal dunia pada Sabtu 6 juli 2019 subuh tadi di Rumah Kontrakannya di Bekasi.
Berpulangnya Abdurachman Samiun tersebut, dibenarkan oleh wartawan KORIDORZINE Kontributor Kabupaten Pulau Morotai Abdul Khalil Husain,  Ia mengaku mengetahui informasi tersebut setelah menelpon ke nomor almarhum pada pukul 10.00 wit. Tapi, Khalil mengisahkan, pada malam sabtu dia sempat ngobrol dengan Paman, demikian almarhum disapa, selama dua jam lebih. Sejak pukul 9.00 wit hingga jam 11.30 wit.
“pada jumat malam atau malam sabtu saya sempat komunikasi dengan pimred koridorzine almarhum paman, cukup lama, esoknya sabtu saya kembali whatsup tetapi tidak di balas, saya gelisah, karena tidak seperti biasanya almarhum merespon secepatnya. sayapun telpon ke nomor pimred tapi dari balik telpon selulernya suara berdialeg jakarta. Saya sangat terkejut, suara itupun bertanya ini siapa, saya wartan koridor di morotai. Lelaki dari balik telpon itu menyampaikam Abdurachman meninggal, bila ada teman atau keluarga di jakarta tolong sampaikan informasi ini. Saya langsung lepas serasa tidak percaya dengan informasi itu dan hanya dapat mengucapkan innalillahi wainna ilaihi rojiun,” kisahnya
Di kalangan jurnalis, sosok Abdurachman Samiun sangat dikenal sebagai wartawan senior. Ia belakangan aktif sebagai ketua bidang pendidikan PWI Maluku Utara, pimpinan redaksi media online Nasional Koridorzine dan redaktur di Majalah Koridor jakarta. Semangat jurnalisnya tidak pernah padam. Paman selalu menuangkan kemampuannya sebagai redaktur dalam mengolah berita yang akan dipublis karena itu keahliannya.
“Almarhum Paman dikenal sangat baik, pengertian dan bijak. Dia teladan bagi kami wartawan, dia salah satu senior yang menjadi mentor terbaik dalam dunia jurnali karena almarhum tidak pernah memarahi wartawannya , apalagi menyalahkan, itulah sosok paman yang saya kenang selalu rendah hati, ” ungkap Lilo, demikian sapaan akrab Abdul Khalil.
Berikut Riwayat Hidup Almarhum Abdurachman Samiun, SD di Ternate, Kemudian SMP Negeri 3 Kota Ternate di kompeksi SMA Negeri 1 Kota Ternate setelah lulus dari SMA Negeri 1 almarhum melanjutkan sekolah di IT Manado pada tahun 1990. pertama menjadi sebagai jurnalis atau wartawan, bergabung dengan Suara Merdeka menjadi reporter. pada tahun 1994 kembali ke Ternate, almarhum adalah salah satu wartawan yang turut serta mendirikan tabloid Ternate pos Pada tahun 1998, almarhum juga adalah salah satu jurnalis yang terlibat aktif menggagas pembentukan Provinsi Maluku Utara waktu itu. setelah itu kemudian bergabung dan dipercaya menjadi pemimpin redaksi pada tabloid aspirasi di tahun 2000, suarakarya di tahun 2013, harian mata publik di tahun 2015 dan seputar Malut pada tahun 2018.
Terakhir saat ini almarhum bergabung dengan media online KoridorZine di Jakarta, selain sebagai jurnalis almarhum juga pernah tercatat sebagai staf pengajar pada Universitas Muhammadiyah Maluku utara, kemudian STIKIP Kie Raha. selanjutnya di bidang politik bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan sempat menjabat sebagai sekretaris wilayah, Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Maluku Utara.
Terakhir saat ini almarhum adalah ketua lembaga pemenangan Pemilu partai kebangkitan bangsa Maluku Utara. Almarhum adalah putra kelima dari enam bersaudara.
Almarhum meninggal di Bekasi pada tanggal 6 Juni 2019 dan dan kebumikan pada Minggu 7 Juli 2019 di pekuburan Islam kelurahan Tabona Kota Ternate. Almarhum meninggalkan satu orang istri Husna Mokodompit dan seorang Putra Abdul Aziz Abdurahman Samiun.
Penulis : Oje
Publizher/Redaksi : Andi Jumawi

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.
BACA JUGA  Dewan Pers Optimis MK Menolak Judical Review UU 40 Tahun 1999 Tentang Pers

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *