oleh

Jamin Ketersediaan Darah, Dinkes Bantaeng Laksanakan Program Terminal Darah

Foto : Bupati Bantaeng DR Ilham Azikin saat melakukan pemantauan kegiatan donor darah di Puskesmas Bantaeng, Kamis 13 Juni 2019.(Doc.Red**/Harlin)

Bantaeng, Sulawesi Selatan
www.indeks.co.id
Kamis 13 juni 2019
Laporan : Harlin

Pemerintah Kabupaten Bantaeng terus melakukan inovasi di sektor kesehatan. Salah satunya dengan penerapan terminal darah di Puskesmas,Kamis (13/6/19).

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin memantau pelaksanaan terminal darah di Puskesmas Bantaeng di Jalan Elang,Kamis, 13 Juni 2019. Terminal darah Puskesmas adalah salah satu terobosan Puskesmas untuk menjamin ketersediaan stok darah di daerah ini.

Dalam kesempatan itu,orang nomor satu di Bantaeng ini memantau proses pendaftaran pendonor dan proses pengambilan darah serta kesiapan Puskesmas untuk melayani pendonor darah. Selain itu, dia juga mengecek kuota bank darah di Dinas Kesehatan.

“Pemantauan ini dilakukan untuk memberikan spirit untuk agar setiap Puskesmas agar bisa terus menerapkan inovasi ini,”kata Ilham Azikin.

Dikatakannya, dengan adanya terminal darah ini, maka secara tidak langsung Puskesmas bisa menekan angka kematian ibu yang melahirkan. Menurut dia, sebagian besar kematian ibu yang melahirkan itu karena kekurangan darah,jelasnya.

“Harapan kita, angka kematian ibu yang melahirkan ini bisa ditekan dengan terjaminnya stok darah di setiap Puskesmas,” harap Bupati Bantaeng.

Sementara itu dikesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng, dr Andi Ihsan mengatakan, terminal darah Puskesmas merupakan persinggahan darah sementara di Puskesmas. Hal ini dilakukan dalam rangka jaminan ketersediaan darah bagi ibu melahirkan di puskesmas.

“Terminal darah ini merupakan program inovasi, yang diharapkan dapat menjadi rujukan tingkat nasional,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, sebelumnya Kementerian Kesehatan menyebutkan donor darah dilaksanakan di Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS). Dinas Kesehatan melakukan inovasi dengan mengubah pelaksanaannya di Puskesmas. Selanjutnya, darah yang terkumpul, juga bisa memasok UTDRS yang ada di Bantaeng, terangnya.

BACA JUGA  Bertolak ke Bengkulu, Presiden Akan Resmikan Monumen Fatmawati Sukarno

Publizher/Redaksi : AJM

Disclaimer : Dilarang mencopy sebagian atau keseluruhan isi berita www.indeks.co.id tanpa seizin Sumber redaksi.Kecuali memiliki Izin dan Kerjasama yang tertulis. Segala pelanggaran Mencopy/Jiplak Berita,Tulisan,Gambar,Video dalam Media www.indeks.co.id bisa dituntut UU Nomor 40/1999 Tentang Pers pada Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik menyebutkan: “Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *